Archive for the 'Hobby' Category

Jun 28 2010

Jagoku adalah Tim Pemakai Kostum Ramah Lingkungan

Published by iqmal under Hobby, Lingkungan Hidup

Demam Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan saat ini memang banyak menyedot banyak perhatian kita. Untuk sejenak kita dapat memperoleh suguhan hiburan atraksi sepakbola yang ditampilkan oleh 32 tim yang terpilih untuk lolos ke putaran final itu. Dengan melihat tayangan seperti itu kemudian tentu saja akan muncul tim favorit yang dijagokan oleh masing-masing orang yang diharapkan dapat tampil sebagai juara dunia dengan mengatasi seluruh tim-tim kompetitornya. Sang juara disini tentu saja disuguhkan harus dapat lolos dari proses eliminasi pada masing-masing grupnya, kemudian dengan mengikuti pertandingan sistem gugur dengan melibatkan 16 tim terbaik, maka tim yang tidak terkalahkan dalam sistem gugur ini dapat dinyatakan sebagai sang juara.

Sang juara yang disebutkan di atas tentu saja adalah berdasarkan aturan dan ketentuan kompetisi yang telah ditetapkan oleh FIFA. Kalau menurut saya, sang juara yang menjadi favorit saya adalah tim Brasil. Tim Brasil ini tidak saya jagokan sendirian, melainkan sejajar bersama dengan tim favorit lainnya meliputi Belanda, Portugal, AS, Korea Selatan, Inggris, Australia, Selandia Baru, Serbia dan Slovenia. Mohon maaf karena tim yang saya jagokan ini ternyata lebih dari satu. Dari sepuluh tim yang saya jagokan itu, memang ada empat tim yakni gugur di babak eliminasi grup yakni Australia, Selandia Baru, Serbia dan Slovenia, namun patut diingat penampilan keempat tim ini relatif juga menarik. Semangat dan corak permainan tim ini patut untuk ditonton karena relatif mampu memberikan suguhan yang baik. Untuk ke enam tim pertama yang saya sebutkan, dengan bukti mereka lolos dari babak penyisihan maka kualitas tim-tim ini memang terbukti.
Dari pertandingan babak 16 besar yang telah berlangsung juga telah diektahui bahwa Korea Selatan, AS dan Inggris juga telah tersisih. Jadi praktis tinggal Brasil, Belanda, dan Portugal saja yang tersisa.

Lantas apa alasan saya menempatkan ke sepuluh tim tersebut sebagai favorit. Untuk Brasil, Belanda dan Portugal memang jelas tim ini didukung oleh keberadaan pemain yang sangat berbakat dengan pola permainan sepakbola berteknik tinggi dan rapi. Tetapi yang jelas alasan saya menjadikan mereka sebagai tim favorit bukan karena alasan teknik semata, melainkan karena alasan lain. Alasan lain ini berupa dengan minat dan kepedulian saya akan lingkungan hidup. Sepuluh tim yang saya sebutkan di atas ternyata ikut memberikan peduli akan masalah lingkungan dengan cara mengenakan kostum nasional yang berasal dari bahan ramah lingkungan.

 Baju botol bekas dari flickr.com

Continue Reading »

5 responses so far

Jun 27 2010

Dilarang Promosi Blog Pribadi di Kompasiana

Published by iqmal under Hobby

Saya biasa menulis artikel di blog ini dan juga sering diposting juga ke blog rame-rame di kompasiana. Baru-baru ini ada kasus yang diributkan di kompasian tersebut dengan ulah anggotanya yang menyerupai aktivitas spammer. Sedikit tertarik dengan hal itu maka saya mencoba menuliskan aktivitas yang sama tetapi dibuat dengan lebih halus dan kemungkinan aman dari sempritan sang moderator.

Spamming adalah aktivitas di suatu forum, mailing list, atau bahkan ke email atau web pribadi yang menyebarkan informasi tertentu secara massal dengan tidak memperhitungkan kerugian bagi para penerimanya. Aktivitas spamming ini dilakukan dengan tujuan publikasi blog/website, penyebaran hoax, penawaran produk, memancing informasi data pribadi (akoun dan password) atau bahkan penyebaran virus. Bagi kebanyakan orang, spamming ini akan sangat mengganggu selain manfaatnya yang tidak ada, mengurangi bandwith internet, bahkan dapat jadi bahkan cenderung merugikan misal terpancing memberikan data pribadi atau bahkan tidak sengaja mendownload suatu program virus. Untuk itulah di dalam penggunaan internet saat ini diperlukan pemahaman akan netiket (etiket dalam berinternet) serta pengenalan rambu-rambu dalam beraktivitas (misal dalam mailing list atau dalam citizen blog).

Kasus yang mirip spamming yang terjadi di Kompasiana juga pernah terjadi. Kompasiana merupakan salah satu bentuk citizen blog dengan jumlah anggota yang cukup besar. Anggota dapat mengirim posting berita, komentar ataupun cuma aktif sebagai pembaca. Perkembangan situs Kompasiana ini ternyata cukup menakjubkan dan hal ini pun memancing spammer untuk beraktivitas di sana. Continue Reading »

6 responses so far

Jun 24 2010

Ada yang Mirip Pertandingan NBA di World Cup

Published by iqmal under Hobby

Mungkin sebagian pembaca sudah terbiasa melihat pertandingan bola basket NBA yang rutin diselenggarakan di Amerika Serikat tiap tahun. Olahraga yang sangat terkenal dengan banyak klub dan dapat memancing puluhan ribu penonton setia baik langsung di stadion maupun menonton di televisi. Pertandingan sangat menarik biasanya dihadiri pula oleh berbagai kalangan dan latar belakang penonton termasuk artis dan tokoh politik. Demikian juga penggemar-penggemar fanatik yang mendukung tim dengan sangat bersemangat, bersorak sorai, mengibarkan bendera tim, mengecat muka dengan simbol tim masing-masing. Di awal pertandingan juga berkumandang lagu kebangsaan Amerika Serikat “The Star Spangled Banner”. Pertandingannya sendiri akan berlangsung secara seru, kedua tim akan saling serang dan saling bertahan secara rapat mulai dari menit awal sampai menit akhir. Biasanya skor akhir akan ditentukan pada menit-menit akhir pertandingan karena serunya pertandingan. Banyak aksi-aksi heroik dan kadang juga terdapat momen yang dramatik dan menegangkan. Kontak fisik pun sering terjadi. Dalam hal ini memang ofisial pertandingan harus bersikap tegas untuk menjaga pertandingan tetap berlangsung baik dan lancar. Yang jelas dengan suguhan tontonan pertandingan seperti ini memang penonton dapat memperoleh hiburan yang berkelas dan tidak membosankan.

Ternyata tadi malam tanggal 23 Juni 2010 ini, di pentas berbeda ada suguhan yang mirip pertandingan basket NBA itu. Pentas yang satu ini terjadi pada pertandingan sepakbola yang dimainkan di luar negara Amerika Serikat. Aksi-aksi yang mirip, berbagai kejadian yang sungguh mirip, serta rangkaian klimaks yang juga mirip dengan pertandingan basket di NBA benar-benar terjadi. Pertandingan ketiga pada babak penyisihan grup C antara Amerika Serikat dan Aljazair inilah yang saya katakan mirip itu.

Timnas sepak bola AS

Bagaimana tidak mirip ? Cobalah sendiri amati detail dari pertandingan itu… Continue Reading »

No responses yet

Jun 21 2010

Hukum Murphy dalam Kasus Timnas Perancis

Published by iqmal under Hobby

Hehe… demam Piala Dunia, jadi ikutan nulis soal bola nih….

Masih ingat tentang hukum Murphy ? Hukum yang berbunyi sebagai berikut : “Jika ada yang sesuatu yang berpotensi salah, maka hal itu akan menjadi salah”. Mungkinkah hukum Murphy ini berlaku pada tim nasional kesebelasan Perancis saat ini. Perlu diketahui bahwa lolosnya tim Perancis ke putaran final Piala Dunia ini lewat jalur kontroversial dan terlihat seperti ada bantuan secara tidak langsung dari organisasi sepakbola Eropa. Mengingat melalui cara seperti itulah, maka jika dari dua pertandingan pertama ini memperoleh hasil yang kurang memuaskan, bisa jadi Hukum Murphy memang berlaku.

Hukum ini kalau dikaitkan dengan kondisi tim nasional Perancis memang sangat pas. Dalam perjalanan penyisihan di benua Eropa, mereka harus melalui jalur Play-Off. Dengan menutup babak kualifikasi finis sebagai runner-up Grup 7 dengan 21 poin, Perancis tertinggal dari Serbia yang lolos langsung. Pada babak penyisihan ini juga tercatat buruknya prestasi para pemain bertahan dan mandulnya pemain penyerang yakni terlihat dari catatan 18 gol berbanding kebobolan sembilan gol rekor yang menghasilkan rekor enam kemenangan, tiga hasil imbang, dan sekali kalah. Pada babak Play-off melawan Irlandia Utara ini terjadi skor seri 1-1 pada baba pertama dan kemudian dapat menang dengan susah payah pada pertandingan kedua dengan skor 2-1 melalui babak tambahan. Di sini mereka dapat menembus babak final setelah menghempaskan Irlandia secara kontroversional dengan memanfaatkan handsball Thierry Henry di leg kedua babak play-off untuk mengumpan bola.

Hnadsball Henry yang kontroversial.

Pada pengundian, tim Perancis banyak yang mengunggulkan mengingat status mereka sebagai juara dunia tahun 1998 serta berisikan nama-nama pemain terkenal yang menjadi andalan di klub masing-masing. Tim Perancis bergabung di grup A dengan bersama dengan tuan rumah Afrika Selatan, Meksiko dan Uruguay. Tetapi harapan itu berubah jauh dari kenyataan setelah dua pertandingan pertama dilakoninya. Continue Reading »

7 responses so far

Jun 11 2010

Ada Kebun “Binatang” di World Cup 2010

Published by iqmal under Hobby

Ini bukan berarti menganggap kelakuan mereka seperti binatang, tetapi dengan mengutip julukan-julukan yang diberikan oleh masing-masing suporter masing-masing kepada tim kebanggaan mereka yang menggunakan istilah binatang. Dari 32 tim nasional yang berlaga di ajang terakbar sepak bola yang rutin terselenggara setiap empat tahun itu, ternyata banyak yang menggunakan sebutan binatang untuk menyebut julukan tim. Jadi kalau sekarang mereka berkumpul di Afrika Selatan, maka dapat dikatakan tempat berkumpulnya binatang dan tempat berkumpulnya para binatang untuk dijadikan tontonan adalah kebun binatang. Mudah-mudahan tidak ada yang marah dengan membaca tulisan ini.

Selain julukan pada tim masih ada binatang yang terlibat yakni sang mascot turnamen ini sendiri. Binatang yang digunakan sebagai maskot ini merupakan hewan yang sering muncul dan paling dikenal yakni  si macan tutul Zakumi. Mascot World Cup 2010 dengan nama Zakumi ini melambangkan leopard atau macan tutul yang memang merupakan binatang yang banyak dijumpai di negara Afrika Selatan.

Maskot Zakumi

Kembali ke nama julukan, telah banyak  diketahui bahwa nama julukan bagi tim nasional bisa muncul karena berbagai hal yang terkait. Selain dari latar belakang budaya dan pola permainan, juga bisa berasal dari tarian khas (misal tim Samba Brazil), warna kebesaran negara (misal tim Oranje Belanda), warna kostum (misal tim Biru Italia dan Les Bleus Perancis), riwayat legenda (tim The Green Army Irlandia), dan tradisi kuno (tim Matador Spanyol). Untuk julukan yang terinspirasi dari pola permainan antara lain tim Panser Jerman dan tim grendel Italia. Continue Reading »

2 responses so far

Jun 04 2010

Rupa-rupa Manfaat Uang Koin

Published by iqmal under Hobby, Kehidupan nyata

Uang koin yang dikenal sebagai salah satu mata uang kartal adalah berfungsi sebagai alat pembayaran yang sah dan berlaku di suatu negara yang mengeluarkan pecahan uang tersebut. Nilai uang koin ini umumnya berupa nominal yang nilainya lebih rendah dari pecahan uang kertas.

koleksi uang

Uang koin yang berfungsi sebagai alat pembayaran ini ternyata pada saat-saat tertentu banyak memiliki fungsi dan kegunaan yang justru bukan sebagai alat pembayaran. Kalau sebagai alat pembayaran, maka jelas karena nilai nominalnya yang relatif kecil sehingga uang koin juga digunakan untuk pembayaran hal-hal yang kecil juga seperti :

  • Pembayaran parkir kendaraan
  • Penggunaan pada mesin telepon umum
  • Penggunaan pada mesin air minum atau soft drink
  • Pembayaran surat kabar self service
  • Pembayaran uang kembalian
  • Penggunaan mesin jackpot untuk judi di kasino
  • Derma untuk dimasukkan di kotak infaq atau tempat ibadah lain
  • Sumbangan bagi pengemis atau peminta-minta baik yang berkeliling di rumah maupun di perempatan jalan.
  • Pemberian bagai pengeman msuik baik yang datang mengamen di rumah mapun di tempat makan atau di perempatan jalan.
  • Untuk dibagikan bagi anak kecil untuk dimasukkan ke tabungan, sehingga tabungan akan cepat penuh dan berat.

Koin yang berfungsi lain bukan sebagai alat tukar yang sah ternyata juga banyak. Kalau sudah seperti ini maka nilai yang terdapat dalam koin itu sudah tidak sesuai lagi dengan angka yang tertera di permukaan koin sebagai nilai nominalnya. Contoh uang koin yang berfungsi bukan sebagai alat tukar ternyata cukup banyak antara lain adalah :

  • Sebagai alat undi

Bagi wasit pertandingan, uang koin digunakan sebagai alat untuk mengundi dengan memilih kepala atau ekor. Padahal kalau dilihat dengan teliti, uang koin  itu ternyta tidak ekornya.  Kalau pada beberapa uang koin, memang terdapat gambar kepala, tapi di sebaliknya tidak disajikan gambar ekor. Salah satu pemain dapat memilih salah satu pilihan dan pemain satunya akan memperoleh pilihan yang satunya. Probabilitas undian tentu saja adalah setengah. Wasit akan melemparkan uang koin ke ats dan setelh jatuh dapat dilihat sisi yang tampak di atas itu yang jadi pemenang.

undian pakai koin

Continue Reading »

2 responses so far

May 07 2010

Belajar Memanah Bersama Robin Hood

Published by iqmal under Hobby, Kampus

Robin Hood memanah.

Indonesia pertama kali meraih medali dari olimpiade adalah dari para srikandi yang memperoleh perak dari ajang panahan. Saat ini mestinya untuk meningkatkan prestasi atlet panahan, mereka harus dibina sejak dari usia dini. Salah satu upaya memberi bekal keterampilan memanah adalah dengan belajar dari ahlinya, dan alternatif tokoh yang bisa dipilih adalah Robin Hood. Tokoh ini merupakan jagoan memanah dengan skil tinggi dan kalau diikutkan pada lomba panahan saya yakin Robin dapat merebut banyak medali. Untuk dapat belajar memanah yang baik dari Robin Hood tentu saja yang paling mudah adalah dengan menonton film tentang jagoan kita ini. Lebih mudah lagi kalau dapat nonton di kesempatan premiere film itu di ibukota dan secara gratis pula. Caranya ya ikutan program nonton bareng Robin Hood.

Ukuran prestasi dalam memanah biasa dinyatakan dalam ukuran akurasi dan presisi. Seperti juga belajar dari Robin Hood ini maka ukuran akurasi dan presisi ini dapat dinyatakan dalam gambar berikut :

  1. Akurasi rendah dan tidak presisi

tidak akurat dan tidak presisi

Ini ceritanya Robin Hood masih kanak-kanak dan juga dalam taraf belajar memanah. Hasil bidikannya masih kurang tepat mengenai sasaran. Tapi yang jelas Robin Hood tampak memiliki bakat yang baik terbukti dari anak panah yang dia lepaskan semuanya mengenai sasaran, walaupun tidak pada titik tengah. Continue Reading »

7 responses so far

Apr 25 2010

Poliuretan - Sang Pemegang Rekor Dunia Renang

Published by iqmal under Hobby, kimia terapan

Masih ingat peristiwa fenomenal pemecahan rekor pemenang delapan medali emas dalam suatu olimpiade yang terjadi di Olimpiade Beijing tahun 2008 lalu di cabang olahraga air renang oleh Michael Phelps ? Saat tampil untuk nomor perorangan dan nomor beregu, atlet ini sukses meraih tempat pertama untuk menggondol medali emas dan memberi kontribusi sehingga lagu kebangsaan negara Amerika Serikat dapat berkumandang berkali-kali di arena kolam renang.

Michael Phelps - pemegang 8 medali emas Olimpiasi Beijing

Pada beberapa artikel telah banyak ditulis untuk membahas rahasia keberhasilan atlet ini. Di antaranya adalah karena kerja keras dalam berlatih untuk memperoleh skill khusus yang menghasilkan laju gerakan yang cepat untuk menembus air. Ada juga artikel yang membahas tentang bentuk tubuh fisik Michael Phelps yang sangat ideal untuk cabang olahraga air ini. Namun sebenarnya masih ada satu lagi faktor yang mampu menunjang atlet dapat lebih berprestasi, tidak hanya untuk Phelps saja, tetapi juga untuk atlet-atlet renang yang lain. Apa itu ? Baju renang khusus dari bahan Polyuretan. Continue Reading »

2 responses so far

Apr 08 2010

Pengelolaan Limbah Keyboard

Menyambung tulisan sebelumnya tentang pengelolaan limbah mouse, maka sebenarnya ide dan pemikiran yang sama dapat diterapkan untuk limbah keyboard, yang merupakan saudara seperjuangan dari mouse saat digunakan untuk menunjang fungsi komputer. Tentu saja fungsi keyboard ini yang berbeda dengan fungsi mouse. Keyboard digunakan pada komputer untuk memberikan perintah tombol-tombol tertentu dan untuk mengetik suatu rangkaian huruf/angka/simbol.

Mirip dengan perkembangan teknologi komputer dan asesorisnya, maka teknologi untuk keyboard pada dasarnya juga berkembang pesat. Hanya saja dari sisi fungsi relatif tidak begitu berbeda, perkembangan menyangkut aspek estetika, bentuk ergonomik, kenyamanan penggunaan, jumlah tuts dan hal-hal kecil lainnya. Termasuk dalam hal ini adalah teknologi keyboard yang tersambungkan dengan kabel ataupun dengan sistem wireless. Ada keyboard yang berukuran besar maupun keyboard yang berukuran tipis dan dapat digulung. Ada keyboard yang berwarna standar seperti hitam atau putih, maupun ada keyboard yang dibuat dalam variasi warna tertentu. Dari pilihan ini tentu saja mengakibatkan konsumen akan menginginkan keyboard yang memenuhi selera dan keperluan yang bersangkutan. Pada sisi lain, keyboard seperti halnya mouse juga merupakan asesoris komputer yang harganya relatif murah, sehingga pengadaan keyboard sering diikutkan pada pembelian komputer baru. Langkah ini kadang sebenarnya kurang efisien mengingat usia pakai keyboard itu relatif lama dan biasanya tingkat kerusakan keyboard sangat rendah. Dengan demikian keyboard lama pada dasarnya masih dapat digunakan untuk digunakan pada komputer yang baru. Realitasnya selalu akan muncul keyboard-keyboard yang dibuang dan bersifat sebagai limah. Jumlah yang ada semakin lama akan semakin banyak dan hal ini tentu saja perlu dilakukan pemikiran untuk pengelolaannya.

 Limbah keyboard

Continue Reading »

3 responses so far

Apr 06 2010

Nikmatnya Aneka Pecel Khas Jateng-DIY

Published by iqmal under Hobby, Perjalanan/Wisata, kuliner

Bagi penikmat kuliner nusantara, tentunya tidak lupa akan beberapa makanan khas yang sering dikenal dengan istilah salad lokal. Dalam beberapa variasi dari jenis sayuran atau bumbu kuah yang digunakan maka mungkin kita sudah mengenal jenis-jenis masakan seperti rujak, gado-gado atau pecel. Perbedaan dari makanan tradisional ini terletak pada komposisi bumbu dan cara persiapan yang dilakukan. Pecel dan gado-gado berbeda dengan rujak dalam hal bumbu kuah yang disiramkan ke dalam sayuran atau isi makanan, bumbu pecel dan gado-gado adalah sudah disiapkan sebelumnya. Isi makanan seperti nasi kupat, aneka sayuran meliputi bayam, kol, kecambah dan lain-lain disiapkan dan ditata dalam wadah, kemudian terakhir disiram dengan bumbu kuah kental. Bumbu kuah ini terdiri atas komposisi bawang putih, garam, gula kelapa, cabe dan kacang tanah. Pada gado-gado biasanya sering juga ditambahkan pelengkap seperti telur, kerupuk atau bakwan. Untuk pecel tentu saja, bumbu kuah ini berbeda karena biasanya ditambah dengan kencur. Pada dasarnya isi makanan pecel yang terutama adalah daun bayam, kecambah, kol, kangkung atau sayuran lainnya. Sayuran ini biasanya dibuat layu dengan jalan direndam dalam air panas untuk beberapa saat. Makanan rujak berbeda dengan kedua makanan di atas, karena biasanya bumbu akan disiapkan dan diramu secara instan dan setelah bumbu siap baru isi sayuran dan bahan lainnya baru dimasukkan untuk dicampur rata.

 Pada tulisan ini saya hanya akan menuliskan tentang pecel dengan beberapa variasinya khususnya yang dijumpai di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta.  Keunikan sajian pecel yang saya tuliskan di sini adalah pada salah satu jenis sayuran yang digunakan dan memberikan ciri pecel itu sehingga berbeda dengan pecel dari daerah lain. Continue Reading »

41 responses so far

Next »