Archive for the 'Kehidupan nyata' Category

Aug 17 2012

67 Tahun Kemerdekaan Indonesia

Published by iqmal under Kehidupan nyata

6 responses so far

Jul 31 2010

Saat Pembalut itu Pecah…

Published by iqmal under Kehidupan nyata

Ketika kupandang sekilas, ternyata memang tampak pembalutnya sudah pecah. Di balik pembalut yang pecah tersebut kalau dilihat akan tampak helaian panjang dan ikal yang rapat. Wah timbul keraguan untuk menikmatinya… Tadinya terbayang rasa gurih dan asin kalau sebenarnya langsung dinikmati…

Sebenarnya untuk menyantapnya mestinya perlu ada perlakuan awal dulu biar lebih nikmat. Dengan kenyataan bahwa pembalut yang ada sudah pecah maka nafsu untuk menikmatinya sudah menjadi jauh berkurang….

Tulisan pengantar di atas mungkin dapat disalahtafsirkan menjadi sesuatu yang berkonotasi jorok. Tetapi hal ini sebenarnya saya jumpai dalam bungkus produk mi instan yang beredar di negara jiran di Malaysia. Untuk diketahui semua produk yang ada di pasar diatur harus mencantumkan informasi komposisi, simbol halal, cara pembuatan, data produsen, dan informasi lainnya. Termasuk di dalamnya adalah informasi tentang aduan kerusakan produk dan tanggal kedaluwarsa. Pada kemasan produk mi instan merk Mie XXXXX ini juga terkandung informasi tersebut. Mengingat produk dipasarkan di negeri dengan penduduk multi etnis, maka tulisan dibuat dengan bahasa Melayu, Cina dan Inggris. Hal yang menarik adalah tulisan dalam bahasa Melayu yang beberapa istilahnya dapat memiliki arti yang berbeda jika dibaca oleh orang Indonesia. Continue Reading »

14 responses so far

Jul 14 2010

Tukang Servis Rambut

Published by iqmal under Kehidupan nyata

Pengertian servis dalam bahasa Indonesia, khususnya di lingkungan tempat saya adalah terkait dengan upaya perbaikan barang atau mesin oleh tenaga ahlinya. Sebagai pengguna sebenarnya dapat saja merawat atau memperbaikinya tetapi hal ini belum termasuk pengertian service yang mencakup perbaikan dan pergantian suku cadang. Barang-barang yang biasa dikenakan pada proses service ini antara lain adalah barang-barang elektronik, arloji atau kendaraan bermotor. Barang-barang seperti ini dapat mengalami kerusakan atau performanya mengalami penurunan fungsi. Pada saat kondisi seperti inilah maka diperlukan proses service terhadap barang tersebut. Proses service dapat dilakukan oleh montir atau tukang yang memang ahli dan berpengalaman untuk menangani perawatan dan perbaikan barang tersebut.

Saya menjumpai satu obyek yang menarik terkait dengan penggunaan istilah servis ini (lokasi di Jl Wates km 4.5 Yogyakarta). Pada gambar terlihat bahwa servis ditawarkan juga untuk masalah rambut. Memang maksudnya tentu saja adalah untuk sarana promosi yang unik guna memancing para pelanggan. Tentu saja hal ini tidak salah, karena pada dasarnya rambut yang bermasalah dan untuk itu perlu dirawat yakni dengan jalan dipangkas dan dirapikan. Kalau sudah diservis maka harapannya sang pemilik rambut akan merasakan penampilan dengan potongan rambut baru sehingga terkesan rapi dan mungkin bertambah cakep.

 Tukang servis rambut di Jalan wates Yogyakarta

Mungkin papan iklah tersebut bagi sebagian orang terasa janggal atau malah lucu jika digunakan untuk masalah potong rambut karena memang tidak umum. Akan tetapi kalau dilihat dari makna asal kata service dalam bahasa Inggris, tentu saja malah sudah benar. Artinya adalah melayani. Jadi jasa yang ditawarkan oleh tukang potong rambut itu adalah melayani konsumen terkait urusan potong rambut. Kalau yang terjadi di Indonesia, makna service ini yang kemudian berkembang sebagai perawatan dan perbaikan barang-barang tertentu saja. Continue Reading »

5 responses so far

Jul 10 2010

Libur yang Sepi Tanpa Surat Kabar Cetak

Published by iqmal under Kehidupan nyata

Surat kabar banyak dilanggan orang untuk mengetahui informasi lokal dan global secara cepat. Orang dengan membaca segala informasi yang tercetak di surat kabar maka akan dapat mengetahui perkembangan terkini tentang banyak hal. Pada masa keterbukaan seperti ini arus informasi mengalir dengan cepat apalagi dengan didukung kemajuan teknologi informasi. Meskipun sebagian fungsi penyampaian informasi sudah mulai banyak dilakukan dengan menggunakan teknologi internet yang memudahkan orang untuk mengakses secara online serta didukung peran media televisi dan radio, keberadaan media cetak berupa surat kabar dan majalah tetap masih banyak dibutuhkan oleh sebagian orang. Berbagai kelebihan media cetak banyak yang tidak bisa digantikan oleh media elektronik dan televisi.

Membaca media cetak bagi banyak orang sudah menjadi menu aktivitas rutin sehari-hari. Hal ini dapat dilakukan setiap pagi saat memulai aktivitas rutin, bahkan juga dilakukan di sela-sela aktivitas sepanjang hari. Untuk orang yang sangat sibuk, mungkin kebiasaan membaca surat kabar mungkin baru bisa dilakukan saat beristirahat atau setelah usai bekerja. Namun yang jelas kebutuhan membaca surat kabar hampir dapat dikatakan sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang.

Cover kompas

Media cetak surat kabar biasanya diterbitkan setiap hari, baik yang terbit pagi hari maupun terbit sore hari. Kalau harian yang terbit pagi hari akan memuat berita yang terjadi di hari sebelumnya, sedangkan harian yang terbit petang masih dapat memuat berita yang terjadi di pagi dan siang hari itu juga. Dengan kemajuan teknologi penyampaian informasi melalui internet serta kemajuan pencetakan jarak jauh, maka proses penerbitan media cetak surat kabar menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Continue Reading »

2 responses so far

Jun 29 2010

Tuhan pun Punya Kopi Favorit….

Published by iqmal under Kehidupan nyata

Saya yakin kalau para kompasianers banyak yang punya hobby minum kopi. Banyak alasan yang diberikan sehingga orang memilih jenis minuman ini. Minuman yang aslinya beraroma harum dan khas serta berwarna hitam ini, banyak memberikan manfaat mencegah kantuk. Tentu saja jika rasa kantuk terusir, maka yang bersangkutan dapat melanjutkan beraktivitas baik untuk bekerja, belajar, ataupun untuk aktivitas lain. Termasuk juga mestinya untuk menemani saat membaca kompasiana atau menuliskan artikel-artikel di blog ini.

Biji buah kopi sial olah.

Bahan untuk minuman kopi berasal dari biji buah kopi. Tanaman ini dikenal dari dua jenis yakni kopi arabica dan kopi robbusca. Di Indonesia, daerah-daerah penghasil kopi yang enak antara lain adalah Lampung dan Bali.

Kopi yang dikenal enak adalah kopi luwak. Kopi ini sebenarnya kopi biasa hanya yang diperoleh dan berasal dari kotoran hewan musang (luwak). Untuk diketahui ada jenis musang yang memang memakan buah kopi dan buah yang dimakan ini adalah buah yang benar-benar sudah matang. Proses pencernaan buah dalam perut musang ini tidak akan menghancurkan biji buah kopi dan akibatnya biji tersebut akan keluar terbawa dalam kotoran. Dengan mencari dan mengambil biji dari kotoran ini selanjutnya terkumpul biji kopi pilihan yang dapat diolah lebih lanjut menjadi bahan minuman kopi yang dikenal nikmat. Continue Reading »

4 responses so far

Jun 20 2010

Naluri Alami Manusia Untuk Suatu Kepastian

Published by iqmal under Etik sosial, Kehidupan nyata

Saya kuliah dan kemudian akhirnya menjadi staf pengajar di Fakultas MIPA UGM. Katanya fakultas ini termasuk dalam bidang keilmuan yang termasuk ilmu pasti. Saya tidak tahu mengapa disebut sebagai ilmu pasti.

Memang ada beberapa kebingungan yang mungkin dihadapi menyikapi beberapa hal tentang ilmu-ilmu yang diajarkan di fakultas MIPA ini. Sebagai contoh adalah ilmu Matematika kadang tidak dianggap sebagai cabang ilmu pengetahuan alam. Bukti yang paling mudah adalah dari sisi nama disebut sebagai Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Di sini dikembangkan ilmu kimia, ilmu fisika dan mestinya biologi dan geografi  juga masuk di sana. Tetapi kalau di UGM dua ilmu terakhir ini berdiri masing-masing sebagai fakultas tersendiri. Saat ini juga ada ilmu Komputer yang masuk sebagai bagian dari fakultas ini. Hal yang ingin saya singgung adalah kembali soal ilmu pasti tadi, bukan tentang struktur kelembagaan di institusi almamater saya ini..

Soal kepastian di alam ini mestinya bersifat relatif. Dalam ilmu kimia, juga kepastian suatu teori yang sudah berlaku puluhan tahun bisa dikoreksi dengan adanya penemuan baru. Contohnya adalah teori atom. Dalam hal ini kepastian sebagai suatu teori memang berlaku dalam suatu masa dan kemudian orang secara alamiah akan mencari dan menguji kepastian tersebut. Untuk menguji dan meyakinkan adalah menjadi tugas dan kewajiban seorang peneliti. Peneliti secara moral berkewajiban mencari jawaban yang masuk akal pada berbagai fenomena di alam dan mengembangkannya untuk kepentingan manusia banyak.

Dalam berbagai kegiatan sehari-hari, ternyata fenomena mencari kepastian adalah suatu yang bersifat alami. Hal ini berlaku secara spontan bahwa orang akan berusaha memastikan sesuatu itu memang benar-benar berlaku seperti yang seharusnya. Bahkan untuk keperluan ini ternyata kadang orang harus dianggap sebagai melakukan kegiatan yang sia-sia. Pada beberapa kasus bahkan kelakuan untuk memastikan ini dapat dianggap sebagai perbuatan konyol yang tidak seharusnya dilakukan. Namun dalam kenyataannya, langkah untuk memastikan ini memang benar dilakukan secara spontan. Continue Reading »

3 responses so far

Jun 10 2010

DPR dalam Angka

Published by iqmal under Kehidupan nyata

Kalau di dunia barat, data statistik sudah umum dilakukan untuk mengetahui situasi dan kondisi suatu hal, termasuk suatu institusi, pertandingan olahraga, perusahaan dan lain-lain. Kadang hal ini dinyatakan dalam suatu besaran angka-angka untuk mengetahui bagaimana detail hal tersebut.

 Kalau sekarang di DPR saat ini sedang menjadi sorotan, maka saya tertarik juga membuat ilustrasi DPR periode 2009-2014 dalam angka. Semoga bermanfaat.

1 : jumlah ketua umum dpr

4 : jumlah wakil ketua dan jumlah reses dalam setahun

5 : masa kerja anggota dpr

7 : sudut kemiringan gedung dpr yang diklaim oleh sekjen dpr.

9 : jumlah fraksi yang ada di dpr

11 : jumlah komisi di dpr

17 : jumlah anggota fraksi hanura Continue Reading »

5 responses so far

Jun 04 2010

Rupa-rupa Manfaat Uang Koin

Published by iqmal under Hobby, Kehidupan nyata

Uang koin yang dikenal sebagai salah satu mata uang kartal adalah berfungsi sebagai alat pembayaran yang sah dan berlaku di suatu negara yang mengeluarkan pecahan uang tersebut. Nilai uang koin ini umumnya berupa nominal yang nilainya lebih rendah dari pecahan uang kertas.

koleksi uang

Uang koin yang berfungsi sebagai alat pembayaran ini ternyata pada saat-saat tertentu banyak memiliki fungsi dan kegunaan yang justru bukan sebagai alat pembayaran. Kalau sebagai alat pembayaran, maka jelas karena nilai nominalnya yang relatif kecil sehingga uang koin juga digunakan untuk pembayaran hal-hal yang kecil juga seperti :

  • Pembayaran parkir kendaraan
  • Penggunaan pada mesin telepon umum
  • Penggunaan pada mesin air minum atau soft drink
  • Pembayaran surat kabar self service
  • Pembayaran uang kembalian
  • Penggunaan mesin jackpot untuk judi di kasino
  • Derma untuk dimasukkan di kotak infaq atau tempat ibadah lain
  • Sumbangan bagi pengemis atau peminta-minta baik yang berkeliling di rumah maupun di perempatan jalan.
  • Pemberian bagai pengeman msuik baik yang datang mengamen di rumah mapun di tempat makan atau di perempatan jalan.
  • Untuk dibagikan bagi anak kecil untuk dimasukkan ke tabungan, sehingga tabungan akan cepat penuh dan berat.

Koin yang berfungsi lain bukan sebagai alat tukar yang sah ternyata juga banyak. Kalau sudah seperti ini maka nilai yang terdapat dalam koin itu sudah tidak sesuai lagi dengan angka yang tertera di permukaan koin sebagai nilai nominalnya. Contoh uang koin yang berfungsi bukan sebagai alat tukar ternyata cukup banyak antara lain adalah :

  • Sebagai alat undi

Bagi wasit pertandingan, uang koin digunakan sebagai alat untuk mengundi dengan memilih kepala atau ekor. Padahal kalau dilihat dengan teliti, uang koin  itu ternyta tidak ekornya.  Kalau pada beberapa uang koin, memang terdapat gambar kepala, tapi di sebaliknya tidak disajikan gambar ekor. Salah satu pemain dapat memilih salah satu pilihan dan pemain satunya akan memperoleh pilihan yang satunya. Probabilitas undian tentu saja adalah setengah. Wasit akan melemparkan uang koin ke ats dan setelh jatuh dapat dilihat sisi yang tampak di atas itu yang jadi pemenang.

undian pakai koin

Continue Reading »

2 responses so far

May 28 2010

Tip Penghematan Produk Rumah Tangga yang Berbentuk Cair

Published by iqmal under Kehidupan nyata, Lingkungan Hidup

Kalau sebelumnya sudah dibahas tentang penghematan sabun padat, maka tulisan yang ini membahas terkait tentang sabun cair dan produk rumah tangga lain yang berbentuk cair. Meskipun tips seperti ini hanya berisikan hal-hal ringan saja, tetapi tidak ada salahnya dituliskan kembali minimal untuk bahan pertimbangan kita semua agar lebih peduli lingkungan.

Sabun cair

Untuk berhemat dan tidak banyak menghasilkan sampah, saya kira dapat dipilih jenis produk dalam kemasan botol dan dapat diisi ulang. Jika mungkin dipilih kemasan yang lebih besar. Hal ini berarti telah menerapkan prinsip Reduce dari konsep 3R. Sampah wadah kemasan dan sampah botol akan dapat dikurangi jika anda memilih langkah ini. Langkah pemilihan kemasan besar dan penggunaan produk yang dapat diisi ulang seperti ini dapat diterapkan pada shampoo, sabun cair, cairan pembersih lantai, cairan pengharum cucian, cairan pemutih kain, cairan untuk membantu saat menyetrika baju, cairan pembersih kaca, shampoo mobil, cairan pendingin radiator, obat pembasmi serangga atau yang lainnya. Catatan khusus saya, kalau untuk pembersih kloset dan air aki maka pilih yang kemasan besar saja. Mungkin untuk produk ini anda juga berpikir untuk mencoba kemasan yang isi ulang, maka biasanya akan sukar dijumpai di pasar karena ada risiko bahaya dari bahan kimia tersebut, seperti efek iritan dan korosif jika tertuang saat pemindahan.

Produk cair apabila terus digunakan maka semakin lama cairan dalam wadah botol yang tersisa akan semakin habis pula. Untuk produk shampoo dan sabun cair maka saat penggunaan, tuangkan cairkan seperlunya. Kemudian usapkan cairan yang tersisa dari ujung lubang, karena kalau tersisa dan tutup dikatupkan kembali, maka akan ada produk yang tersisa dan biasanya akan mengering. Kalau setelah lama digunakan dan cairan sudah habis tidak keluar lagi maka botol dapat diisi dengan air secukupnya lewat lubang. Air ini digunakan untuk mengencerkan sisa produk dalam botol dan masih dapat digunakan untuk terakhir kalinya. Continue Reading »

One response so far

May 26 2010

Jangan Buang Sabun Tipismu

Published by iqmal under Kehidupan nyata, Lingkungan Hidup

Setiap hari saya dan kita semua mesti dipastikan mandi untuk membersihkan tubuh dan yang rutin mestinya dua kali sehari. Saat mandi ini kita menggunakan sabun yang digunakan untuk membantu menghilangkan kotoran yang menempel di kulit. Saat ini banyak dijumpai produk sabun mandi padat dan sabun mandi cair yang banyak diperdagangkan dan dapat kita beli di banyak tempat. Ternyata soal sabun ini juga ada beberapa hal yang jadi masalah dan dapat menjadi pencemaran lingkungan. Kita perlu peduli untuk kepentingan lingkungan dan jika mungkin menguntungkan kita dalam hal penghematan.

Sabun tipis jangan dibuang.

Kalau anda menggunakan sabun mandi yang padat, mestinya sering menjumpai masalah seperti yang sering saya temui juga. Setiap kali sabun mandi digunakan, lama kelamaan akan menipis dan pada suatu waktu akan susah untuk digunakan sewaktu digosokkan ke tubuh. Hal ini dapat terjadi karena sabun sudah semakin tipis sehingga sukar untuk dipegang dan digosokkan ke tubuh. Kalau sudah seperti ini tindakan apa yang anda lakukan ? Continue Reading »

4 responses so far

Next »