Archive for the 'Kampus' Category

Jul 30 2013

Jurnal Indonesia Terindeks di SCOPUS

Published by iqmal under Kampus, Karya Ilmiah

Saya baru saja mendapat email di milis pengelola jurnal Indonesia tentang daftar jurnal yang terindeks di SCOPUS. Institusi yang saya sebutkan ini adalah satu pengelola database jurnal ilmiah yang diakui secara internasional memenuhi kriteria-kriteria akademik dan saintifik tertentu. Sebenarnya institusi pengindeks jurnal tidak hanya SCOPUS namun masih ada yang lain seperti DOAJ, Thomson, dan lain-lain, namun Scopus lah yang saat ini dikenal paling unggul sebagai pemeringkat jurnal ilmiah.

Jurusan Kimia FMIPA UGM sejak tahun 2001 sudah menerbitkan jurnal ilmiah dalam bidang kimia. Jurnal ini digunakan untuk menampung publikasi dalam bidang-bidang yang terkait kimia seperti riset kimia murni, teknik kimia atau pun pendidikan kimia. Dalam perkembangan awalnya memang jurnal hanya menampung naskah-naskah dari dalam negeri, namun sebenarnya sudah dilandaskan untuk dikembangkan sebagai jurnal internasional yang bereputasi. Sejak tahun 2004, jurnal yang mengambil nama Indonesian Journal of Chemistry atau Indo J Chem ini mendapatkan pengakuan akreditasi oleh DIKTI berturut-turut sampai sekarang. Selanjutnya sejak tahun 2012 kemarin pengakuan internasional ini secara luas dinyatakan dengan terindeks pada SCOPUS ini. Saya ikut bangga juga karena turut membidani dan mengawal perkembangan jurnal ini sampai sejauh ini.

Untuk diketahui bahwa hanya ada 14 jurnal terbitan dari Indonesia saja yang terindeks di Scopus. Berikut daftar jurnal yang yang sudah terindeks di SCOPUS dan Status masih berjalan :

  1. Acta medica Indonesiana (ISSN 0125-9326) (2004-ongoing) (Publisher: Indonesian Society of Internal Medicine)
  2. Biotropia (ISSN 0215-6334) (2010-ongoing) (Publisher: Southeast Asian Regional Centre for Tropical Biology (SEAMEO BIOTROP))
  3. Bulletin of Chemical Reaction Engineering and Catalysis (ISSN 1978-2998) (2011-ongoing) (Publisher: Diponegoro University)
  4. Critical Care and Shock (ISSN 1410-7767) (2002-ongoing) (Publisher: Indonesian Society of Critical Care Medicine)
  5. Gadjah Mada International Journal of Business (ISSN 1411-1128) (2010-ongoing) (Publisher: Universitas Gadjah Mada)
  6. Indonesian Journal of Chemistry  (ISSN 1411-9420) (2012-ongoing) (Publisher: Department of Chemistry, Gadjah Mada University)
  7. International Journal on Electrical Engineering and Informatics (ISSN 2085-6830) (2009-ongoing) (Publisher: The School of ElectricalEngineering and Informatics, Institut Teknologi Bandung)
  8. ITB Journal of Engineering Science (ISSN 1978-3051) (2009-ongoing) (Publisher: Institut Teknologi Bandung (ITB))
  9. ITB Journal of Information and Communication Technology (ISSN 1978-3086) (2011-ongoing ) (Publisher: Institut Teknologi Bandung (ITB))
  10. ITB Journal of Science (ISSN 1978-3043) (2009-ongoing) (Publisher: Institute for Research and Community Services, Institut Teknologi Bandung)
  11. Nutrition Bulletin (ISSN 0216-9363) (2001-ongoing) (Publisher: Persatuan Ahli Gizi Indonesia)
  12. AGRIVITA, Journal of Agricultural Science (ISSN 0126-0537) (2013-ongoing) (Publisher: Universitas Brawijaya) ; belum masuk /Scopus Source List
  13. International Journal of Power Electronics and Drive Systems (ISSN 2088-8694) (2013-ongoing) (Publisher: IAES Institute of Advanced Engineering and Science ); belum masuk /Scopus Source List
  14. TELKOMNIKA (ISSN 1693-6930) (2013-ongoing) (Publisher: Universitas Ahmad Dahlan) belum masuk /Scopus Source List/

Sebelumnya juga sudah ada jurnal yang sudah terindeks namun sekarang statusnya discontinued. Jurnal tersebut adalah :

  1. Indonesian Journal of Geography (ISSN 0024-9521) (1994-1997, 1990-1992, 1986-1987, 1976-1984)
  2. Indonesian Quarterly (ISSN 0304-2170) (1996, 1982-1983, 1979, 1977)

ijc.jpg 

ijc2.jpg

    One response so far

    Jan 13 2013

    Dua Puluh Lima Ribu Komentar Antri

    Published by iqmal under Kampus

    Lama blog saya ini tidak diisi. Terakhir adalah update bahan kuliah Kinetika Kimia dan Termodinamika Kimia. Untuk postingan hampir tidak pernah diisi lagi, karena lebih rajin update postingan di blog satunya.

    Rencananya memang blog yang ini khusus yang terkait dengan yang ilmiah-ilmiah saja, ternyata pada prakteknya ketahuan tidak pernah menulis yang ilmiah. Jadinya ya begini ini, lowong.

    Baru saja login di blog ini, baru nyadar kalau ada komentar yang antri di blog. Tidak tanggung-tanggung jumlahnya ada buuaaaanyakkkkkk sekali. Lihat saja pada gambar.

    Memang paling hampir sebagian besar adalah spam. Tidak tahu yang blog ini tidak bisa difilter lewat akismet seperti halnya blog yang wordpress. Tidak apa-apa paling mudah memang delete massal. Hanya sayang kalau ada komentar yang sungguhan jadi ikut terhapus juga. Mohon maaf.

    3 responses so far

    Feb 24 2012

    Salah Pengambilan Kesimpulan

    Published by iqmal under Kampus

    Seringkali menjumpai satu tulisan mahasiswa yang tidak mengikuti aturan logika antara permasalahan penelitian, tujuan, hipotesis dan kesimpulan yang diambil. Pada suatu skripsi sering dijumpai kasus seperti itu berupa ketidaksinkronan antara keempat bagian penting dalam suatu laporan hasil penelitian itu. Bagi pembaca yang sering meneliti dan membaca karya ilmiah maka hal ini dapat diketahui dengan cepat. Oleh karena itu kita semua juga patut memperhatikan hal ini secara cermat.

    Soal seperti ini tidak dapat diajarkan hanya dengan kuliah tatap muka saja. Mahasiswa perlu menerapkan langsung dengan mencoba menyusun proposal yang memuat permasalahan, tujuan penelitian dan hipotesis. Selanjutnya tentu melakukan eksperimen dan analisis data yang dihasilkan untuk kemudian diambil kesimpulan yang diperoleh. Semua ini disusun dalam bentuk laporan karya ilmiah yang dimulai dari proposal penelitian dan terakhir menjadi skripsi.

    Untuk menghindari kesalahan pengambilan kesimpulan mungkin dapat mengambil inspirasi dari kedua kasus berikut.

     1. Kasus pertama

    Di sebuah sekolah seorang guru ingin mendemonstrasikan kepada murid-muridnya pengaruh buruk dari alkohol pada manusia.
    Continue Reading »

    One response so far

    Oct 03 2011

    Akhirnya Lulus Sertifikasi Juga

    Published by iqmal under Kampus

    Sertifikasi bagi dosen adalah diperlukan guna syarat bertugas. Sertifikasi ini diberlakukan bagi tenaga pendidik baik guru maupun dosen. Dalam rangka memperoleh sertifikat dosen ini maka harus melakukan pengusulan.

    Bagi saya pengusulan sertifikasi ini dilakukan dengan pengisian borang yang dipersyaratkan, membuat deskripsi diri dan lain-lain. Selain itu mendapatkan penilaian dari atasan, teman sejawat dan mahasiswa. Untunglah semua data relatif sudah terarsip baik, jadi pengurusan itu bisa dilakukan dengan lebih mudah. Pembuatan deskripsi diri juga lebih mudah dengan adanya data-data yang termuat di blog. Jadi blog ini memang relatif bisa membantu kita. Tidak rugi kadang menyisihkan waktu untuk menulis di blog.

    Dan Alhamdulillah akhirnya setelah diumumkan bisa lolos juga… Walaupun sebenarnya sertifikasi ini mestinya hak dari dosen, tapi mungkin karena alokasi yang tersedia belum semuanya, sehingga ada yang tidak lolos juga.

    Bukti kelulusan.

    One response so far

    Jun 21 2010

    Status Facebook Unsur Kimia

    Published by iqmal under Kampus

    Fenomena Facebook atau FB saat ini sudah mengemuka dan menjadi trend bagi banyak kalangan. Banyak orang membuat akoun di FB baik karena aktualiasi kebutuhan sendiri atau sekedar ikut-ikutan trend saja. Dengan semakin mudahnya akses internet baik untuk keperluan personal di rumahan bahkan akses melalui perangkat yang bersifat mobile, maka pengguna FB juga semakin meningkat dan dilakukan di berbagai tempat.

    Penggunaan FB yang umum adalah digunakan untuk banyak hal dengan menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia. Pemilik akoun dapat menjalin pertemanan dengan siapa yang diinginkan serta untuk mencari teman yang mungkin sudah lama tidak dijumpai di dunia nyata. Halaman FB dapat digunakan untuk menulis status setiap saat, menerima komentar dari orang serta memberi komentar pada status orang. Pemilik akoun juga dapat memajang foto, video, link, atau tulisan pada aplikasi yang tersedia. FB menyediakan sarana untuk bertukar sapa dan berkomunikasi online lewat aplikasi chatting yang tersedia. Dalam perkembangannya, FB menyajikan juga aplikasi pengingat hari ulang tahun, daftar teman yang mungkin terkait, game, even, polling dan lain-lain. FB juga membuat halaman grup atau fan yang memungkinkan pengguna dengan latar belakang, hobby, atau minat yang sama dapat saling tergabung.

    Terkait dengan status, setiap pengguna FB dapat menuliskan tulisan yang saat itu sedang terjadi atau tulisan bebas. Tulisan yang dipasang pada status ini bermacam-macam tergantung dari pemilik akoun tersebut. Selanjutnya status tersebut akan terbaca di halaman teman yang terdaftar. Teman yang saat itu akan membaca dan dapat memberikan komentar atau penilaian suka (like) atau tidak. Komentar ini dapat ditulis oleh banyak orang lagi dan pemilik akoun juga dapat memberi komentar balasan. Hal ini memancing diskusi yang seru jika status memang unik dan kemudian memancing banyak tanggapan atau komentar lainnya. Continue Reading »

    4 responses so far

    Jun 02 2010

    Waspada Penipuan Joki Masuk Perguruan Tinggi

    Published by iqmal under Etik sosial, Kampus

    Saat menjelang penerimaan mahasiswa baru di berbagai perguruan tinggi seperti sekarang ini, ternyata banyak sekali oknum-oknum yang mengaku dapat menjanjikan bantuan bagi para calon mahasiswa untuk dapat diterima di suatu perguruan tinggi dengan mudah dengan pembayaran nominal tertentu. Iming-iming seperti ini tentu saja dapat menarik minat bagi beberapa kalangan orang tua yang pesimis anaknya dapat lolos jika mengikuti seleksi secara normal. Mereka yang mungkin relatif memiliki sedikit kekayaan material mungkin dapat berharap dengan membayar pada para oknum itu maka anak mereka dapat masuk perguruan tinggi dengan mudah. Ternyata dari fakta yang ada, terkuak bahwa hal ini hanya penipuan dengan memanfaatkan situasi yang bisa dipetik keuntungan materialnya.

    form umptn

    Untuk diketahui bahwa  saat ini jumlah kursi masuk pendaftaran perguruan tinggi relatif terbatas, sedangkan jumlah calon mahasiswa yang memperebutkannya semakin bertambah. Konsekuensi seperti ini menjadikan tingkat persaingan semakin tinggi dan perlu ada pengaturan langkah-langkah tertentu untuk menghadapinya. Selain itu tentu saja bekal pengetahuan dan keterampilan dari calon mahasiswa harus disiapkan khususnya dalam menghadapi ujian seleksi masuk di suatu perguruan tinggi. Persiapan calon mahasiswa ini umumnya tentu saja sudah berlangsung cukup lama, mulai dari saat belajar rutin di bangku sekolah menengah itu sendiri. Bekal tambahan kadang dilakukan dengan mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah atau les privat secara personal. Selain itu persiapan mental dan teknis juga banyak dilakukan antara lain mengikuti kesempatan try-out ujian masuk, seminar sukses menembus perguruan tinggi, dan lain-lain. Continue Reading »

    No responses yet

    May 07 2010

    Belajar Memanah Bersama Robin Hood

    Published by iqmal under Hobby, Kampus

    Robin Hood memanah.

    Indonesia pertama kali meraih medali dari olimpiade adalah dari para srikandi yang memperoleh perak dari ajang panahan. Saat ini mestinya untuk meningkatkan prestasi atlet panahan, mereka harus dibina sejak dari usia dini. Salah satu upaya memberi bekal keterampilan memanah adalah dengan belajar dari ahlinya, dan alternatif tokoh yang bisa dipilih adalah Robin Hood. Tokoh ini merupakan jagoan memanah dengan skil tinggi dan kalau diikutkan pada lomba panahan saya yakin Robin dapat merebut banyak medali. Untuk dapat belajar memanah yang baik dari Robin Hood tentu saja yang paling mudah adalah dengan menonton film tentang jagoan kita ini. Lebih mudah lagi kalau dapat nonton di kesempatan premiere film itu di ibukota dan secara gratis pula. Caranya ya ikutan program nonton bareng Robin Hood.

    Ukuran prestasi dalam memanah biasa dinyatakan dalam ukuran akurasi dan presisi. Seperti juga belajar dari Robin Hood ini maka ukuran akurasi dan presisi ini dapat dinyatakan dalam gambar berikut :

    1. Akurasi rendah dan tidak presisi

    tidak akurat dan tidak presisi

    Ini ceritanya Robin Hood masih kanak-kanak dan juga dalam taraf belajar memanah. Hasil bidikannya masih kurang tepat mengenai sasaran. Tapi yang jelas Robin Hood tampak memiliki bakat yang baik terbukti dari anak panah yang dia lepaskan semuanya mengenai sasaran, walaupun tidak pada titik tengah. Continue Reading »

    7 responses so far

    Apr 15 2010

    Edukasi Mitigasi Bencana di Sekolah Lokasi Rawan Longsor

    Published by iqmal under Kampus, Lingkungan Hidup

    Saat memasuki musim hujan, terdapat beberapa daerah yang termasuk lokasi rawan tanah longsor. Beberapa lokasi bahkan termasuk kategori langganan bencana alam ini setiap tahun dengan kejadian di titik-titik yang sudah masuk kategori kritis. Dalam beberapa kasus memang bencana ini sudah diprediksikan, tetapi banyak lagi kasus yang tidak disadari bahkan masyarakat yang tinggal di lokasi banyak yang tidak mengetahui potensi bencana ini. Dalam hal ini memang diperlukan beberapa beberapa pihak untuk melakukan upaya mitigasi bencana tanah longsor ini. Pemerintah daerah dengan ditunjang direktorat geologi, direktorat vulkanologi atau dinas pertambangan, serta para peneliti kebencanaalaman harus bersatu padu untuk membantu mengatasi hal ini khususnya secara preventif sebelum terjadinya bencana. Tindakan preventif dapat dilakukan jika ada kesadaran dan pemahaman masyarakat sekitar lokasi rawan bencana. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagi cara dan salah satunya adalah melalui kegiatan edukasi mitigasi bencana alam kepada para siswa di sekolah-sekolah.

    www,kompas.com) Continue Reading »

    One response so far

    Apr 08 2010

    Pengelolaan Limbah Keyboard

    Menyambung tulisan sebelumnya tentang pengelolaan limbah mouse, maka sebenarnya ide dan pemikiran yang sama dapat diterapkan untuk limbah keyboard, yang merupakan saudara seperjuangan dari mouse saat digunakan untuk menunjang fungsi komputer. Tentu saja fungsi keyboard ini yang berbeda dengan fungsi mouse. Keyboard digunakan pada komputer untuk memberikan perintah tombol-tombol tertentu dan untuk mengetik suatu rangkaian huruf/angka/simbol.

    Mirip dengan perkembangan teknologi komputer dan asesorisnya, maka teknologi untuk keyboard pada dasarnya juga berkembang pesat. Hanya saja dari sisi fungsi relatif tidak begitu berbeda, perkembangan menyangkut aspek estetika, bentuk ergonomik, kenyamanan penggunaan, jumlah tuts dan hal-hal kecil lainnya. Termasuk dalam hal ini adalah teknologi keyboard yang tersambungkan dengan kabel ataupun dengan sistem wireless. Ada keyboard yang berukuran besar maupun keyboard yang berukuran tipis dan dapat digulung. Ada keyboard yang berwarna standar seperti hitam atau putih, maupun ada keyboard yang dibuat dalam variasi warna tertentu. Dari pilihan ini tentu saja mengakibatkan konsumen akan menginginkan keyboard yang memenuhi selera dan keperluan yang bersangkutan. Pada sisi lain, keyboard seperti halnya mouse juga merupakan asesoris komputer yang harganya relatif murah, sehingga pengadaan keyboard sering diikutkan pada pembelian komputer baru. Langkah ini kadang sebenarnya kurang efisien mengingat usia pakai keyboard itu relatif lama dan biasanya tingkat kerusakan keyboard sangat rendah. Dengan demikian keyboard lama pada dasarnya masih dapat digunakan untuk digunakan pada komputer yang baru. Realitasnya selalu akan muncul keyboard-keyboard yang dibuang dan bersifat sebagai limah. Jumlah yang ada semakin lama akan semakin banyak dan hal ini tentu saja perlu dilakukan pemikiran untuk pengelolaannya.

     Limbah keyboard

    Continue Reading »

    3 responses so far

    Mar 24 2010

    Pengelolaan Limbah Mouse Bekas

    Penggunaan komputer saat ini sudah bukan lagi merupakan barang mewah. Mengingat aplikasi penggunaannya yang sudah sangat meluas dan dapat bersifat secara fungsional, maka komputer telah digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari industri, perkantoran, sekolah termasuk di rumah tangga. Kemajuan teknologi yang sangat pesat dari sisi hardware dan software juga mengakibatkan efek pergantian barang yang sangat cepat. Umur dari komputer termasuk asesorisnya menjadi relatif singkat yang kemudian diperlukan untuk ganti dengan alat dengan spesifikasi yang lebih baru. Selain itu faktor kerusakan dari alat sering juga terjadi dan berakibat diperlukan pergantian alat baru. Hal ini berakibat akan ada alat atau asesoris komputer yang terbuang dan tentu saja hal ini berpotensi sebagai limbah. Dalam banyak kasus, limbah ini sering menjadi suatu permasalahan baik dari aspek lingkungan yang berpotensi untuk pencemaran maupun dari aspek ekonomi untuk pengelolaan dan pemusnahannya.

    Strategi pengelolaan mouse ini mestinya dapat dilakukan oleh berbagai pihak, mulai dari produsen, distributor maupun pihak lain seperti masyarakat. Pengelolaan limbah mouse ini dapat dilakukan dengan menggunakan strategi 3R yakni reduce, reuse, dan recycle.

     limbah mouse

    Continue Reading »

    7 responses so far

    Next »