Archive for the 'Karya Ilmiah' Category

Jul 30 2013

Jurnal Indonesia Terindeks di SCOPUS

Published by iqmal under Kampus, Karya Ilmiah

Saya baru saja mendapat email di milis pengelola jurnal Indonesia tentang daftar jurnal yang terindeks di SCOPUS. Institusi yang saya sebutkan ini adalah satu pengelola database jurnal ilmiah yang diakui secara internasional memenuhi kriteria-kriteria akademik dan saintifik tertentu. Sebenarnya institusi pengindeks jurnal tidak hanya SCOPUS namun masih ada yang lain seperti DOAJ, Thomson, dan lain-lain, namun Scopus lah yang saat ini dikenal paling unggul sebagai pemeringkat jurnal ilmiah.

Jurusan Kimia FMIPA UGM sejak tahun 2001 sudah menerbitkan jurnal ilmiah dalam bidang kimia. Jurnal ini digunakan untuk menampung publikasi dalam bidang-bidang yang terkait kimia seperti riset kimia murni, teknik kimia atau pun pendidikan kimia. Dalam perkembangan awalnya memang jurnal hanya menampung naskah-naskah dari dalam negeri, namun sebenarnya sudah dilandaskan untuk dikembangkan sebagai jurnal internasional yang bereputasi. Sejak tahun 2004, jurnal yang mengambil nama Indonesian Journal of Chemistry atau Indo J Chem ini mendapatkan pengakuan akreditasi oleh DIKTI berturut-turut sampai sekarang. Selanjutnya sejak tahun 2012 kemarin pengakuan internasional ini secara luas dinyatakan dengan terindeks pada SCOPUS ini. Saya ikut bangga juga karena turut membidani dan mengawal perkembangan jurnal ini sampai sejauh ini.

Untuk diketahui bahwa hanya ada 14 jurnal terbitan dari Indonesia saja yang terindeks di Scopus. Berikut daftar jurnal yang yang sudah terindeks di SCOPUS dan Status masih berjalan :

  1. Acta medica Indonesiana (ISSN 0125-9326) (2004-ongoing) (Publisher: Indonesian Society of Internal Medicine)
  2. Biotropia (ISSN 0215-6334) (2010-ongoing) (Publisher: Southeast Asian Regional Centre for Tropical Biology (SEAMEO BIOTROP))
  3. Bulletin of Chemical Reaction Engineering and Catalysis (ISSN 1978-2998) (2011-ongoing) (Publisher: Diponegoro University)
  4. Critical Care and Shock (ISSN 1410-7767) (2002-ongoing) (Publisher: Indonesian Society of Critical Care Medicine)
  5. Gadjah Mada International Journal of Business (ISSN 1411-1128) (2010-ongoing) (Publisher: Universitas Gadjah Mada)
  6. Indonesian Journal of Chemistry  (ISSN 1411-9420) (2012-ongoing) (Publisher: Department of Chemistry, Gadjah Mada University)
  7. International Journal on Electrical Engineering and Informatics (ISSN 2085-6830) (2009-ongoing) (Publisher: The School of ElectricalEngineering and Informatics, Institut Teknologi Bandung)
  8. ITB Journal of Engineering Science (ISSN 1978-3051) (2009-ongoing) (Publisher: Institut Teknologi Bandung (ITB))
  9. ITB Journal of Information and Communication Technology (ISSN 1978-3086) (2011-ongoing ) (Publisher: Institut Teknologi Bandung (ITB))
  10. ITB Journal of Science (ISSN 1978-3043) (2009-ongoing) (Publisher: Institute for Research and Community Services, Institut Teknologi Bandung)
  11. Nutrition Bulletin (ISSN 0216-9363) (2001-ongoing) (Publisher: Persatuan Ahli Gizi Indonesia)
  12. AGRIVITA, Journal of Agricultural Science (ISSN 0126-0537) (2013-ongoing) (Publisher: Universitas Brawijaya) ; belum masuk /Scopus Source List
  13. International Journal of Power Electronics and Drive Systems (ISSN 2088-8694) (2013-ongoing) (Publisher: IAES Institute of Advanced Engineering and Science ); belum masuk /Scopus Source List
  14. TELKOMNIKA (ISSN 1693-6930) (2013-ongoing) (Publisher: Universitas Ahmad Dahlan) belum masuk /Scopus Source List/

Sebelumnya juga sudah ada jurnal yang sudah terindeks namun sekarang statusnya discontinued. Jurnal tersebut adalah :

  1. Indonesian Journal of Geography (ISSN 0024-9521) (1994-1997, 1990-1992, 1986-1987, 1976-1984)
  2. Indonesian Quarterly (ISSN 0304-2170) (1996, 1982-1983, 1979, 1977)

ijc.jpg 

ijc2.jpg

    One response so far

    Dec 24 2009

    Perlunya Softskill Mengetik bagi Pelajar

    Published by iqmal under Kampus, Karya Ilmiah

    Artikel dimuat di kolom Suara Warga (Suara Merdeka Online)
    tanggal 17 Desember 2009
    .

    Saat seorang kawan melihat dan menelusuri blog saya ini, kemudian sedikit bertanya kapan saya bisa menulis sebanyak itu. Dan pertanyaan lebih lanjut adalah apakah tidak capai menulis banyak rangkaian kata itu. Kalau bagi saya hal ini adalah karena nasib saya sebagai dosen dipaksa untuk selalu kritis dan skeptis akan suatu permasalahan dan selanjutnya dapat memberikan penalaran serta jalan keluarnya, selain itu juga ditambah faktor soft skill yang mungkin sudah terbekali dalam diri saya sejak sekolah menengah dulu.

    Saat sekolah di SMP Negeri 1 Purwokerto dulu, kebetulan sudah ada pelajaran kesekretariatan dan siswa diminta mengikuti dengan tujuan khusus adalah memiliki kemampuan mengetik cepat. Hal ini cukup membantu bagi saya untuk memiliki keterampilan tambahan ini.

    mesin ketik manualSelain itu bagi saya ketersediaan sarana mesin ketik atau komputer juga mendukung, walaupun tidak selalu harus milik pribadi. Dengan adanya ketersediaan sarana maka kebiasaan menggunakannya akan secara otomatis semakin membuat mahir dan terampil. Mesin ketik saat smp dulu tersedia cukup banyak di ruang praktek, sementara di rumah ada mesin ketik kecil milik orang tua yang boleh digunakan. Saat SMA dulu menggunakan mesin ketik kakak sulung saya yang tinggal bersama saat kost. Saat kuliah mesin ketik menggunakan punya Pak De saya atau pinjam punya fasilitas laboratorium. Pengetikan digunakan untuk membuat laporan praktikum atau menyusun buku diktat latihan soal-soal kuliah. Pada waktu bersamaan juga mulai mengenal komputer yakni saat tahun keempat untuk menyusun laporan penelitian ekstrakurikuler (LKIP) dan juga saat menyusun skripsi. Saat itu menggunakan komputer milik pak De juga, atau pakai rental, kadang juga ‘ngrusuhi’ komputer punya kantor. Setelah lulus dan punya honor, kemudian akhirnya terlaksana punya komputer jangkrik sendiri jenis prosesor AT486 memorynya sekitar 2 x 128 KB, lengkap dengan printer dot matrix-nya. Saat itu kebiasaan mengetik jadi semakin sering. Kemudian mengenal internet secara intensif saat tugas di Austria empat tahun kemudian, dimana tersedia komputer dan jaringannya, bahkan saat pulang ke tanah air akhirnya dibawakan 1 unit CPU branded. Seiring dengan perkembangan waktu, komputer dan laptop sudah menjadi tangan kananku di dalam bekerja, untuk menulis, menyiapkan bahan kuliah, riset kimia komputasi, menulis dan menyunting naskah publikasi, akses internet dan komunikasi, bermain game, mendengarkan musik, melihat video dan foto, dan lain-lain. Tidak terasa keterampilan penguasaan keyboard terutamanya untuk mengetik jadi terbiasa dengan sendirinya. Continue Reading »

    3 responses so far

    Oct 08 2009

    Pemanfaatan Zeolit Alam untuk Media Hidroponik

    Published by iqmal under Karya Ilmiah, Lingkungan Hidup

    tambang zeolit alam wonosariIndonesia memiliki sumber daya alam yang sangat besar berkat potensi luas area dan kekayaan alam yang terdapat di dalamnya. Berbagai sumber alam terbarukan dan sumber alam tidak terbarukan terdapat dalam jumlah yang melimpah. Salah satu sumber alam tersebut berupa bahan tambang yang ketersediannya tersebar di Indonesia adalah batuan zeolit.
    Kegunaan zeolit sangatlah luas. Bentuk kristal zeolit yang sangat teratur dengan rongga yang saling berhubungan ke segala arah menyebabkan permukaan zeolit menjadi sangat besar, oleh sebab itu zeolit bisa digunakan sebagai adsorben. Rongga-rongga zeolit juga terisi oleh ion-ion logam seperti kalium dan natrium yang menyebabkan zeolit dapat digunakan sebagai penukar ion. Di samping itu zeolit dapat dimanfaatkan sebagai bahan pendukung (supporting material) untuk katalis ataupun bahkan sebagai katalisator itu sendiri. Struktur kristal dari zeolit yang unik juga memungkinkan untuk digunakan sebaagi media tanam berbagai jenis tumbuhan sayuran, buah-buahan atau tanaman hias. Dalam hal ini sebagai media hidroponik yaitu budidaya tanpa menggunakan tanah. Continue Reading »

    31 responses so far

    Jul 29 2009

    Peribahasa Orang Kimia

    Published by iqmal under Etik sosial, Kampus, Karya Ilmiah

    Untuk memberikan suatu kiasan terhadap suatu kegiatan atau fenomena biasa digunakan frase yang lebih dikenal sebagai peribahasa. Bagi bangsa Indonesia, penggunaan peribahasa cukup dikenal menyangkut banyak hal. Peribahasa dapat digunakan untuk memberikan komentar, menyindir, ataupun untuk tujuan mendidik. Dalam tulisan ini tentu saja tidak akan membuat list peribahasa secara umum hanya mencoba menulis kembali peribahasa dalam format yang berbeda.
    Sebagai orang kimia, saya tertarik juga menyusun peribahasa yang sudah dahulu dikenal orang, tetapi dengan menggunakan format frase lain yang menggunakan istilah-istilah kimia. Berikut mungkin dapat digunakan sebagai contoh :

    • Ada sukrosa ada semut (Ada gula ada semut)

    sucrose 

     Semut dan gula dari www.boltonmuseums.org.uk

    • Ascorbic acid di gunung, NaCl di laut, bertemu juga di dalam belangga (Asam di gunung garam di laut bertemu dalam satu belanga)

    ascorbic acid   NaCl

    Continue Reading »

    38 responses so far

    Feb 14 2008

    Memotivasi mahasiswa untuk menulis karya ilmiah

    Published by iqmal under Karya Ilmiah

    Karya tulis adalah salah satu bentuk hasil pemikiran dan serangkaian kegiatan yang berdasarkan metoda ilmiah, dituangkan dalam bentuk uraian yang runtut, obyektif, mudah dipahami dan berisikan argumentasi yang kuat serta dapat memberi jawaban atas permasalahan yang telah dirumuskan sebelumnya.

    Mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan pendidikan di perguruan tinggi dituntut harus dapat memproduksi karya ilmiah minimal satu produk berupa skripsi. Pada dasarnya mahasiswa dapat menghasilkan karya tulis dalam berbagai jenis dan ragam secara mandiri atau berkelompok.

    Peluang penulisan karya tulis ilmiah oleh mahasiswa sangat terbuka baik kesempatan melalui publikasi pada masyarakat ilmiah, publikasi pada lomba karya tulis maupun publikasi untuk konsumsi umum di majalah/surat kabar. Dengan produk karya tulis ini akan bermanfaat bagi mahasiswa sebagai aktivitas ekstra kurikuler yang dapat memberi bekal keterampilan tambahan guna memasuki lapangan kerja serta memberi alternatif peluang percepatan masa studi.

    Download artikel di sini.

     

    Iqmal Tahir

    4 responses so far