Oct 07 2008

Dilarang berenang, selama puasa ?

Published by iqmal at 1:51 pm under Hobby, Keluarga

Di Indonesia khususnya di tanah Jawa, pelaksanaan puasa yang dilaksanakan selama satu bulan penuh, ditandai dengan beberapa ritual yang khas. Diawali dengan 1 hari sebelum pelaksanaan puasa, biasanya masyarakat melaksanakan rutinitas padhusan. Tujuan ritual ini adalah untuk mensucikan tubuh sehingga pada saat melaksanakan puasa sudah terjaga dari kotoran.

Pelaksanaan ritual padhusan dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari mandi besar biasa yang dilakukan di rumah, mandi berendam di kolam renang atau sumber air atau bahkan sampai perlu acara kungkum di sungai. Banyak warga tua muda beramai-ramai mengikuti acara ini di lokasi yang terdekat atau bahkan mencari tempat yang cocok dan sekaligus sebagai sarana rekreasi. Para pengelola kolam renang pun mensiasati ritual ini sebagai acara rutin dengan dikemas secara khusus pula. Ada beberapa sumber air berupa umbul yang pada hari biasa tidak banyak dikunjungi orang, tetapi khusus untuk menyambut acara ritual padhusan ini, diselenggarakan acara padhusan ini.


Yang menarik, acara padhusan ini ternyata merupakan acara puncak atau bahkan boleh disebut klimaks penggunaan kolam renang atau umbul. Hal ini karena ternyata setelah memasuki bulan puasa, tidak banyak orang yang berkunjung lagi ke kolam renang atau umbul. Biasanya pengelola lebih banyak digunakan untuk perawatan atau perbaikan sarana yang ada guna dimaksimalkan kembali pada saat setelah puasa yakni pada saat libur lebaran.

Pertanyaannya adalah mengapa pada saat berpuasa tidak banyak orang yang pergi berenang atau mandi kungkum ? Biasanya orang berpikir karena kalau berenang atau mandi kungkum tentu akan mendapat kesegaran karena badan terkena air segar. Hal ini dapat dipahami akan dapat mengurangi kesungguhan dalam menjalankan puasa. Apalagi kalau sampai berenang, dimungkinkan orang akan minum air sehingga berakibat dapat membatalkan puasa. Akibatnya tentu saja animo masyarakat untuk datang ke kolam renag akan turun drastis, kecuali mungkin bagi warga yang tidak menuaikan ibadah puasa.

fotoowabong

Bagi yang rutin menjadikan berenang sebagai aktivitas olahraganya, hal ini menjadi keanehan tersendiri. Renang yang baik tentu saja memang membuat tubuh terendam dalam air, tetapi kekhawatiran untuk air terminum relatif kecil. Orang yang berenang tetap bernafas sewaktu sedang memunculkan kepalanya di luar air, sewaktu di dalam air biasanya otomatis mulut tertutup. Dengan demikian kalau perenang yang benar tentu saja tidak akan minum dari air kolam. Berdasarkan pemahaman ini, tentu saja berenang selama bulan puasa tetap diperkenankan.

Kalau dikembalikan ke soal ibadah, puasa adalah ibadah yang bersifat yang personal, hanya yang bersangkutan dan Allah yang paling tahu. Oleh karena itu kalau memang berenang untuk tujuan olahraga atau berenang untuk bisa mencuri kesempatan biar bisa minum, maka orang lain tidak akan tahu. Tetapi artinya renang selama puasa tidak perlu dilarang. Kalau dilarang, maka mandi jangan-jangan juga mestinya dilarang pula.

 

Iqmal Tahir

9 Responses to “Dilarang berenang, selama puasa ?”

  1. arion 08 Oct 2008 at 6:23 pm

    Yang hobbynya renang…. Susah nih ceritanya bulan kemarin puasa kemarin ? Renang habis maghriban kan bisa tuh pak ?

  2. iqmalon 31 Dec 2008 at 10:54 am

    Kalau habis maghrib, kan masuk isya. Kalau habis isya kan subuh. Kalau habis Subuh kan Dzuhur. Kalau habis Dzuhur kan Asar. Kalau habis Asar, lho jadi maghrib lagi…… :) :)

  3. faridon 27 Aug 2009 at 4:59 am

    saya pernah nanya ke tmen saya klo renang saat puasa itu hukumny makruh, itu bnr apa salah??trz sebatas apa kemakruhan itu bisa mnjadi haram??MISALKAN kita udah tau brenang saat puasa itu makruh, trz kita tetep renang (melakukan kemakruhan) apa itu bisa mnjadi haram??mohon penjelasannya, terimakasih

  4. iqmalon 27 Aug 2009 at 10:56 am

    Yang ini sebenarnya harus dibicarakan secara kontekstual, sepertinya tidak ada aturan yang membahas hal ini, jadi kembali ke diri kita saja.
    Kalau kebiasaan renang untuk menjaga kebugaran tubuh kita ya dapat diganti dengan olahraga lain. Kalau teknik renang kita kurang begitu baik dan saat renang sering tidak sengaja kemasukan air lewat mulut, ya jangan berenang saat puasa.
    Inilah uniknya ibadah puasa, hanya yang bersangkutan dan Allah saja yang tahu. OK Happy ramadhan.

  5. faridon 28 Aug 2009 at 4:02 pm

    menurut bpk, apakah salah klo teman saya melarang saya renang pas puasa??kata teman saya, dia cuma ingin menghindarkan saya dr kemakruhan, sepintar2nya tehnik renang kita, kemungkinan air masuk itu ada kan pak,nah klo kita pas renang, trz kita ga sengaja kemasukan air, tp kita tetep lanjut, trz besoknya kita renang lg, dan ga sengaja kemasukan air lg,apakah puasa kita uda batal ato ga??terimakasih…Happy Ramadhan jg pak

  6. iqmalon 29 Aug 2009 at 8:18 am

    Sebelumnya saya informasikan bahwa pengetahuan saya tentang Islam masih harus banyak ditingkatkan, jadi mohon jangan dijadikan patokan.
    Untuk tulisan ini, ada hal yang melatarbelakangi, yakni ritual padusan yang hal ini bahkan bagi kalangan tertentu saya anggap melebihi batasan makruh, karena ada beberapa hal yang cenderung mendekati syirik.
    Ok untuk masalah orang yang berpuasa, apakah terus harus menjaga tubuhnya dari air. Ada beberapa hal selama berpuasa yang masih jadi polemik :
    - seperti saat berwudlu, apakah diperbolehkan berkumur
    - dalam kehidupan sehari-hari, apakah diperbolehkan sikat gigi (dan berkumur tentunya) dan mandi keramas (dengan membasahi rambut, termasuk kapan saat mandi besar bagi orang yang wajib.
    - bagi orang yang pekerjaannya melibatkan air, seperti nelayan, perenang profesional, apakah jadi tidak boleh melakukan aktivitasnya.

    Saya setuju renang masuk kategori makruh kalau yang bersangkutan memang dalam berenang tidak bisa berusaha menghindarkan untuk minum air.

  7. yoga astaon 14 Sep 2009 at 4:53 am

    Gimana kalo sama atlet renang masa harus libur dulu 1bulan kan ga mungkin juga……apa emang ad larangannya di dalam aturan umat muslim apa di tulis di kitab suci Al-quran kalo puasa ga bolh renang……….n menurut saya semua tergantung niatnya kalo renag ya renang aj ga pake minum air tapi kalo mau minim kan ga perlu renang dulu……..

  8. iqmalon 14 Sep 2009 at 10:32 am

    Ya, inti tulisan saya sebenarnya kalau dicermati adalah memang sebenarnya boleh saja berenang asal yang bersangkutan bisa menjaga dari yang membatalkan puasanya.
    Banyak profesi yang mirip dengan perenang dimana melibatkan aktivitas dengan air, kalau selama puasa harus dihindari ya mungkin dia harus menganggur, kan memang tidak mungkinlah….

  9. Randolph Pinillaon 05 Feb 2012 at 7:40 am

    I got what you intend, appreciate it for posting .Woh I am thankful to find this website through google. “Delay is preferable to error.” by Thomas Jefferson.

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply