Jul 29 2009

Peribahasa Orang Kimia

Published by iqmal at 11:04 am under Etik sosial, Kampus, Karya Ilmiah

Untuk memberikan suatu kiasan terhadap suatu kegiatan atau fenomena biasa digunakan frase yang lebih dikenal sebagai peribahasa. Bagi bangsa Indonesia, penggunaan peribahasa cukup dikenal menyangkut banyak hal. Peribahasa dapat digunakan untuk memberikan komentar, menyindir, ataupun untuk tujuan mendidik. Dalam tulisan ini tentu saja tidak akan membuat list peribahasa secara umum hanya mencoba menulis kembali peribahasa dalam format yang berbeda.
Sebagai orang kimia, saya tertarik juga menyusun peribahasa yang sudah dahulu dikenal orang, tetapi dengan menggunakan format frase lain yang menggunakan istilah-istilah kimia. Berikut mungkin dapat digunakan sebagai contoh :

  • Ada sukrosa ada semut (Ada gula ada semut)

sucrose 

 Semut dan gula dari www.boltonmuseums.org.uk

  • Ascorbic acid di gunung, NaCl di laut, bertemu juga di dalam belangga (Asam di gunung garam di laut bertemu dalam satu belanga)

ascorbic acid   NaCl

  • Laktosa dibalas dengan asam sianida.( Air susu dibalas dengan air tuba)
  • Karbon habis, alloy binasa (Arang habis besi binasa)
  • Like dissolves like (Antah berkumpul sama antah, beras sama beras atau Enggang sama enggang, pipit sama pipit)
  • Atom tak dapat ditangkap, radiasi tak dapat dilihat (Angin tak dapat ditangkap, asap tak dapat digenggam)
  • Solvent sama solvent kelak menyatu, suspensi itu mengendap juga (Air sama air kelak menjadi satu, sampah itu ke tepi juga)
  • Termometer patah, termokopel hilang (Alu patah lesung hilang)
  • Air brom tersapu di baju (Arang tersapu dimuka)
  • Bagai kertas saring lupa akan corong buchnernya. (Bagai kacang lupa akan kulitnya)
  • Bagai diiris dengan pisau laser (Bagai diiris dengan sembilu)
  • Bagai air diserap dengan silika gel (Bagai hujan jatuh ke pasir)
  • Bagai air di kertas minyak (Bagai air di daun talas)
  • Bagai kaca pembesar penampak atom (Bagai alu pencungkil duri)
  • Bagai pemanas buchner yang kehabisan spiritus (Bagai pelita yang kehabisan minyak)
  • Belum berreaksi sudah diuji (Belum beranak sudah ditimang)
  • Besar pengaduk daripada gelas beker (Besar pasak daripada tiang)
  • Rendemen sedikit, reaktor dibelah (Buruk muka cermin dibelah)
  • Dalam botol bisa diuji, dalam hati siapa tahu (Dalam lautan bisa diduga, dalam hati siapa tahu.)
  • Diam aurum, bicara argentum (Diam emas, bicara perak)
  • Diberi 1 ppb, minta 1 ppm (Diberi sehasta hendak sedepa)
  • Dibilang hidrofilik, dipapar lipofilik (Dibilang genap, dipapar ganjil)
  • Dicuci dengan solven 1 ml (Dimandikan dengan air segeluk)
  • Laboratorium tak selebar petri dish (Dunia tak selebar daun kelor)
  • Granular di pelupuk mata tidak terlihat, serbuk di meja sebelah terlihat (Gajah di pelupuk mata tidak terlihat, semut di seberang lautan terlihat)
  • Habis manis, filtrat dibuang (Habis manis sepah dibuang)
  • Hidup seperti pelarut polar dan non polar (Hidup seperti anjing dengan kucing)
  • Tak ada magnetic stirerr, pengaduk gelas pun jadi (tak ada rotan, akar pun berguna)
  • Jual aurum, beli diamond (Jual emas beli intan)
  • Terbakar jadi abu, terpirolisis jadi arang (Kalah jadi abu, menang jadi arang)
  • Karena indigo setitik, rusak laktosa 1 liter. (Karena nila setitik, rusak susu sebelanga)
  • Kecil-kecil asam kuat (Kecil-kecil cabai rawit)
  • Keluar dari asam kuat, masuk ke basa kuat (Keluar mulut harimau, masuk mulut buaya)
  • Lain laboratorium lain peraturannya (Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya.)
  • Makan toksin berulam venom (Makan upas berulam racun)
  • Intan sudah menjadi grafit (Manikam sudah menjadi sekam)
  • Memasukkan petroleum ke api (Memasukkan minyak ke api)
  • Biomassa sudah menjadi arang (nasi sudah menjadi bubur)
  • Tak ada kristal yang tak cacat. (Tak ada gading yang tak retak)
  • Tiada kuning oleh kurkumin, tiada hitam oleh carbon-black (Tiada kuning oleh kunyit, tiada hitam oleh arang)

Hayo siapa mau nambahi lagi ?

 

Iqmal Tahir

38 Responses to “Peribahasa Orang Kimia”

  1. Eko Setyobudion 29 Jul 2009 at 1:25 pm

    Tambah pak…ben siip.. “Buruk data erlenmeyer dibelah”….

  2. iqmalon 29 Jul 2009 at 2:07 pm

    Kalau penelitiannya kimia komputasi, jadinya “Buruk data mouse dibanting” ya pak…

  3. Ajibon 30 Jul 2009 at 12:50 pm

    hehehe… dasar Pak Dosen :)

  4. iqmalon 31 Jul 2009 at 10:06 am

    Ya begitulah ustadz Iib.

  5. esmaduon 31 Jul 2009 at 12:50 pm

    Kang Iqmal

    Aku uga ana semendihing :

    Cokanen nek bali sekolah, aku dolan nanggone batirku sing umaeh Ber K(OH)2
    (Perumahan Berkoh gang 2)

    Nek ngapalna Periodik Unsur-unsur ya ana singkatane sing mandan lucu,
    aku wis kelalen
    Unsur kimia sing paling kiwe paling nduwur apa ya ? Hidrogen apa Helium
    nek ora salah apa ya ?
    Nah sekang kana meng ngisor, kaya kiye Hedung Lina Kena Rabies Calon
    Suami Frustasi
    Bebek Mangan Cacing Mak Srupuuuut..dst. …(He Li Na Ka Ra Ca Su Fr…dst)

    Ayuh ..egin ana sing kelingan apa ora ?

  6. iqmalon 02 Aug 2009 at 1:04 pm

    ya itu namanya jembatan kedelai… eh jembatan keledai. Maturnuwun kang….

  7. jelliarkoon 10 Aug 2009 at 7:28 pm

    pak minta tulung…………peribahasa kimia untuk guru kencing berdiri murid kencing berlari, ditunggu loh pak cepet, untuk abstrak thesis saya. makasih xixixixixixi

  8. iqmalon 11 Aug 2009 at 10:14 am

    Hehe… jadinya gini : Iqmal cuma dapat di malaysia, Jeliarko sudah sampai di jerman….
    Mungkin kalau aku berlari juga, sudah sampai di tetangganya jerman ya ?

  9. Saktion 18 Aug 2009 at 12:41 am

    Berakit-rakit di akuarium, berenang di kolam buaya.
    Bersakit-sakit dulu di laboratorium, bersenang-senang kemudian di yogya. Leres nggih pak ?

  10. iqmalon 08 Sep 2009 at 1:47 pm

    Renang di kolam buaya ? memang ’sakti’ ???

  11. Etyon 17 Nov 2009 at 9:49 am

    Wah kreatif bgtz tuh pa, guru bhs ind-ku bs bengong nanti.

  12. etyon 17 Nov 2009 at 10:45 am

    Ni urun pak :
    Drpd hujan aurum di negeri orang, lebih baik hujan batu di negeri sendiri…
    Batunya kalow banyak jg laku kok… Mknya jgn lama2 di negeri orang.

  13. iqmalon 17 Nov 2009 at 1:09 pm

    hehe… sip lah. Emas kalau banyak juga laku keras. Sekarang harganya lagi naik tuh.

  14. etyon 18 Nov 2009 at 1:40 pm

    Pa, yg lain ada ilustrasinya yg ni sepi2 aja ?

  15. iqmalon 18 Nov 2009 at 3:10 pm

    ya nanti paling, gambarnya nyomot dari website lain.

  16. etyon 19 Nov 2009 at 1:23 pm

    Sdh pake gambar ni pa ? Jgn semuanya, nanti jd bandwidth killer…

  17. iqmalon 19 Nov 2009 at 5:11 pm

    Walah… sizenya kecil-kecil gitu. Mbok urun peribahasa kimia lagi saja

  18. Ettion 22 Nov 2009 at 8:45 am

    nanti dibikinkan kamus khusus pribahasa ini ya pa…

  19. Nanceon 24 Nov 2009 at 9:15 am

    kalau versi geografi jg boleh….

  20. Nanceon 24 Nov 2009 at 12:44 pm

    Lucu juga… nanti mungkin ada versi biologi dan versi fisika-nya

  21. Ratu kelason 25 Nov 2009 at 7:06 am

    Ni guru2 skolah menengah tak boleh tau, nanti diajarkan di kelas, bkn repot, wkwkwkwk….

  22. si boyon 27 Nov 2009 at 2:56 pm

    Hihihihihihihihihihihihihihihi…………. aneh gt.

  23. esteron 28 Nov 2009 at 11:21 am

    Nambah boleh :
    Tak ada kristal silika yang tak cacat
    Macam kuliah kimia zat padat nih… tentang point deffect dll

  24. Raraon 29 Nov 2009 at 9:13 am

    :-) :-)
    Tambah lagi dunk ! lucu….
    :-) :-)

  25. siswa smpon 06 Dec 2009 at 9:22 am

    Ini kalo ikt bhs indoneisa, mst dpt 6.

  26. Larryon 07 Dec 2009 at 9:16 am

    Tulisan yang menarik !

  27. Charleighon 28 Jul 2011 at 7:19 am

    A few years ago I’d have to pay smoenoe for this information.

  28. Edgardo Trisleron 05 Feb 2012 at 5:17 am

    I love forgathering useful info, this post has got me even more info! .

  29. Fredericka Harveyon 30 Jul 2013 at 6:11 pm

    It’s an awesome piece of writing for all the online visitors; they will take benefit from it I am sure.

  30. alleyon 29 Oct 2013 at 7:04 am

    Excellent way oof telling, and pleasant post to take data regarding my presentation topic, which i am going to deliver in institution off higher
    education.

  31. luluon 29 Oct 2013 at 8:52 am

    Ahaa, its nice conversation regarding this post at
    this place at this blog, I have read all that, so now me also commenting
    at this place.

  32. maxion 03 Nov 2013 at 12:02 am

    Appreciate this post. Will try it out.

  33. eadyon 06 Nov 2013 at 3:05 pm

    Thanks for sharing your thoughts on enrol. Regards

  34. gianon 07 Nov 2013 at 7:21 am

    Good article. I will be experiencing a feww of these
    issues as well..

  35. tomon 30 Nov 2013 at 10:36 pm

    Pretty! This was an extremely wonderful article. Thank you
    for supplying this information.

  36. leaon 04 Dec 2013 at 11:07 pm

    Excellent article. Keep posting such kind of info on your site.
    Im really impressed by your blog.
    Hello there, You’ve performed a great job. I’ll certainly digg it annd personally suggest to my
    friends. I am confident they’ll be benefited from this site.

  37. sofiaon 07 Dec 2013 at 1:52 am

    Very nice article, totally what I wantedd to find.

  38. minyak angin aromaterapion 01 Sep 2014 at 12:17 am

    tulisan Anda sangat baik . apakah aku harus berbagi dengan teman-teman saya ???
    . Terima kasih .
    Aku punya cara cepat untuk menjadi pengusaha sukses .
    sangat mudah . segera membaca bagaimana

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply