Feb 14 2008

Memotivasi mahasiswa untuk menulis karya ilmiah

Published by iqmal at 12:28 pm under Karya Ilmiah

Karya tulis adalah salah satu bentuk hasil pemikiran dan serangkaian kegiatan yang berdasarkan metoda ilmiah, dituangkan dalam bentuk uraian yang runtut, obyektif, mudah dipahami dan berisikan argumentasi yang kuat serta dapat memberi jawaban atas permasalahan yang telah dirumuskan sebelumnya.

Mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan pendidikan di perguruan tinggi dituntut harus dapat memproduksi karya ilmiah minimal satu produk berupa skripsi. Pada dasarnya mahasiswa dapat menghasilkan karya tulis dalam berbagai jenis dan ragam secara mandiri atau berkelompok.

Peluang penulisan karya tulis ilmiah oleh mahasiswa sangat terbuka baik kesempatan melalui publikasi pada masyarakat ilmiah, publikasi pada lomba karya tulis maupun publikasi untuk konsumsi umum di majalah/surat kabar. Dengan produk karya tulis ini akan bermanfaat bagi mahasiswa sebagai aktivitas ekstra kurikuler yang dapat memberi bekal keterampilan tambahan guna memasuki lapangan kerja serta memberi alternatif peluang percepatan masa studi.

Download artikel di sini.

 

Iqmal Tahir

4 Responses to “Memotivasi mahasiswa untuk menulis karya ilmiah”

  1. prasetyoon 27 Feb 2009 at 1:15 pm

    pak…saya sering merasa kesulitan mencari ide ketika AKAN memulai sebuah penelitian atau yang semacamnya,lalu apa yang harus saya lakukan?

  2. iqmalon 28 Feb 2009 at 12:59 am

    Ide itu bukan dicari, tapi dirumuskan. Begitu kuliah dari dosen senior saya.
    Tapi saya setuju, kita itu gak usah mencari ide. Nanti malah mbulet disitu. Yang penting kita suka topik tentang apa, sehabis itu cari referensi-referensi yang terkait topik itu, apa yang belum terpecahkan atau mungkin disarankan secara tersirat di dalam referensi tersebut, itulah yang dapat digunakan menjadi ide penelitian kita.
    Kalau masih sebagai mahasiswa, usulan topik tersebut dapat didiskusikan dengan dosen atau para ahlinya menjadi sesuatu yang lebih spesifik dan menarik untuk diteliti.
    OK, jangan menyerah untuk segera memulai meneliti. Dunia tak akan habis untuk diteliti dan dipelajari.

  3. prasetyoon 28 Feb 2009 at 9:18 am

    terima kasih pak…akan saya implementasikan…

  4. Jospeh Dehneron 05 Feb 2012 at 9:02 am

    Rattling excellent information can be found on web blog.

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply