Apr 06 2010

Nikmatnya Aneka Pecel Khas Jateng-DIY

Published by iqmal at 6:42 pm under Hobby, Perjalanan/Wisata, kuliner

Bagi penikmat kuliner nusantara, tentunya tidak lupa akan beberapa makanan khas yang sering dikenal dengan istilah salad lokal. Dalam beberapa variasi dari jenis sayuran atau bumbu kuah yang digunakan maka mungkin kita sudah mengenal jenis-jenis masakan seperti rujak, gado-gado atau pecel. Perbedaan dari makanan tradisional ini terletak pada komposisi bumbu dan cara persiapan yang dilakukan. Pecel dan gado-gado berbeda dengan rujak dalam hal bumbu kuah yang disiramkan ke dalam sayuran atau isi makanan, bumbu pecel dan gado-gado adalah sudah disiapkan sebelumnya. Isi makanan seperti nasi kupat, aneka sayuran meliputi bayam, kol, kecambah dan lain-lain disiapkan dan ditata dalam wadah, kemudian terakhir disiram dengan bumbu kuah kental. Bumbu kuah ini terdiri atas komposisi bawang putih, garam, gula kelapa, cabe dan kacang tanah. Pada gado-gado biasanya sering juga ditambahkan pelengkap seperti telur, kerupuk atau bakwan. Untuk pecel tentu saja, bumbu kuah ini berbeda karena biasanya ditambah dengan kencur. Pada dasarnya isi makanan pecel yang terutama adalah daun bayam, kecambah, kol, kangkung atau sayuran lainnya. Sayuran ini biasanya dibuat layu dengan jalan direndam dalam air panas untuk beberapa saat. Makanan rujak berbeda dengan kedua makanan di atas, karena biasanya bumbu akan disiapkan dan diramu secara instan dan setelah bumbu siap baru isi sayuran dan bahan lainnya baru dimasukkan untuk dicampur rata.

 Pada tulisan ini saya hanya akan menuliskan tentang pecel dengan beberapa variasinya khususnya yang dijumpai di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta.  Keunikan sajian pecel yang saya tuliskan di sini adalah pada salah satu jenis sayuran yang digunakan dan memberikan ciri pecel itu sehingga berbeda dengan pecel dari daerah lain.

1. Pecel kembang Kecombrang – Kroya

Tanaman kecombrang Kecombrang adalah kembang dari tanaman combrang (Nicolaia speciosa) yang merupakan tanaman sayuran umbi. Bagian yang biasa diambil untuk bumbu adalah umbi tanaman yang beruas. Akan tetapi kembang kecombrang yang berwarna merah keunguan ini ternyata memiliki rasa dan aroma yang khas. Kembang kecombrang ini dapat digunakan untuk campuran rujak buah-buahan dan juga sebagai sayuran pengisi pada makanan pecel. Aslinya bunga akan berkhasiat sebagai obat penghilang bau badan, memperbanyak air susu ibu dan pembersih darah.

 

Pecel yang menggunakan kecombrang ini banyak dijumpai di daerah Kroya, Banyumas. Dengan menggunakan kecombrang ini warna pecel menjadi semakin menarik dan meriah karena ada nuansa warna merah pada bahan makanan sebelum disiram dengan bumbu kuahnya. Dari sisi rasa, tentu saja akan memberikan sensasi baru karena ada aroma khas yang muncul dari kecombrang ini.


Pecel Kembang Kecombrang

Pecel Kroya saat ini banyak dijual di stasiun kereta api di Kroya. Perlu diketahui kalau Kroya adalah kota kecil dan termasuk pada Kabupaten Cilacap. Kota ini sebenarnya tidak termasuk pada jalur jalan raya Jawa Tengah bagian selatan, sehingga relatif tidak dikenal bagi banyak orang. Akan tetapi bagi banyak orang pengguna kereta api di lintasan Jawa selatan, kota Kroya mesti akan diingat, karena di kota inilah terdapat persimpangan lintasan kereta api dari arah Yogya yang akan terbagi untuk tujuan Bandung dan tujuan Jakarta. Sebagai lokasi persimpangan jalan kereta inilah maka sering kereta api berhenti untuk kepentingan pintasan antar kereta, khususnya untuk kereta ekonomi. Pada saat berhenti inilah, maka banyak penjual asongan yang menjajakan nasi bungkus yang antara lain menjual menu pecel ini. Walaupun pecel khas Kroya aslinya berisikan kembang kecombrang, namun dalam perkembangannya, banyak juga penjual yang menghilangkan kembang kecombrang dalam menu pecel yang dijualnya. Hal ini mungkin dikarenakan kesulitan pasokan kembang kecombrang saat ini, selain juga banyak konsumen mungkin yang tidak memilih jenis sayuran ini pada pecel yang dipesannya karena aromanya yang terasa asing bagi mereka.

 

1.       2. Pecel Godhong Cakla-Cikli – Petanahan Kebumen

Seperti yang disebutkan dari namanya, maka pecel ini dapat diterka menggunakan tanaman cakla-cikli dan yang digunakan adalah bagian daun mudanya. Tanaman cakla-cikli sebenarnya merupakan tanaman non produktif dan lebih biasa digunakan sebagai tanaman hias yang banyak digunakan sebagai tanaman pagar. Tanaman ini ditumbuhkan berjajar secara rapat di tepi halaman dan setelah besar dipotong rapi sehingga menyerupai pagar. Daunnya berwarna hijau kekuningan. Daun muda inilah yang digunakan sebagai bahan untuk sayur pecel. Sewaktu kecil saya, malah daun tanaman ini sering digunakan saudara dan teman perempuan untuk bermain membuat minyak yang mirip minyak goreng karena kental dan jernih. Caranya sangat mudah yakni daun yang sudah tua, dimasukkan ke dalam air secukupnya dan diremas-remas, maka perasan yang dihasilkan akan berubah kental. Kebetulan saya tidak memiliki koleksi foto tanaman ini dan dari hasil penelusuran di internet pun belum menjumpai.

Pecel yang menggunakan daun cakla-cikli ini banyak dijumpai di daerah Petanahan, Kebumen. Tanaman cakla-cikli memang banyak dijumpai sebagai pagar hidup di rumah-rumah di daerah ini. Kawasan yang relatif didominasi tanah yang cenderung berpasir di sana ternyata cukup subur untuk dijadikan tempat pertumbuhan tanaman ini meski hanya difungsikan sebagai tanaman pagar dan bukan sebagai tanaman yang dibudidayakan secara khusus.

Kalau menginginkan pecel ini, maka dapat pergi sambil berwisata ke pantai Petanahan, pengunjung dapat memesan pecel ini. Tinggal meminta pecel yang sedap ini dengan bumbu pedas atau tidak. Satu porsi pecel ini disajikan dalam jumlah yang cukup banyak dan ukuran porsi yang mantap. Hanya sayangnya bumbunya terlihat encer dan kurang pekat, walaupun bumbu terlihat merata pada seluruh sayur yang ada. Pecel yang dipesan sering disajikan dalam pincuk yang terbuat dari daun pisang.

Kalau makan di tepi pantai, biasanya sambil makan pecel, saat angin bertiup kencang, maka posisi makan harus menghadap searah dengan angin bertiup. Jika tidak maka pecel yang ada akan mendapatkan bonus tambahan berupa butir-butir pasir yang terbawa angin.

 

2.       3. Pecel Kembang Turi – Imogiri Yogyakarta

Untuk bahan guna masakan pecel kembang turi ini diperoleh dengan menggunakan bunga yang diperoleh dari pohon turi. Pohon turi (Sesbania grandiflora (L)) merupakan tanaman semi keras yang banyak ditanam oleh para petani karena memang berkhasiat menghasilkan rontokan dedaunan yang dapat berfungsi sebagai pupuk hijau. Pohon turi dapat tumbuh sampai sekitar 5-8 meter menjulang ke atas dan biasa ditanam di tepi-tepi sawah atau halaman. Daun pohon ini menyerupai jenis kacang-kacangan hanya berukuran lebih besar. Pohon turi diketahui memiliki dua jenis ditandai dari bunga tanaman ini yakni ada yang berbunga warna putih dan warna merah keunguan. Umumnya yang digunakan sebagai bahan untuk sayur pecel adalah kembang turi yang berwarna putih.

 Pohon turi

Kalau bunga tidak dipetik, maka akan terjadi proses penyerbukan dan perubahan menjadi buah yang berbentuk panjang atau sering dikenal buah polong-polongan. Apabila buah telah matang, maka biji yang terdapat di dalamnya dapat digunakan untuk pembibitan pohon turi. Hampir semua bagian pohon turi dapat dimanfaatkan. Polongnya yang masih muda biasanya juga digunakan sebagai bahan masakkan, sedang biji yang tua dapat dipakai sebagai bahan tempe yang baik karena kandungan protein yang tinggi. Kelopak bunganya berbentuk mirip bulan sabit, setengah melengkung dan saat mekar, akan terbuka, mirip sayap kupu-kupu dengan juluran benang sari berwarna kuning. Benang sari inilah yang memberi rasa pahit saat dimasak, karenanya selalu dibuang atau dibersihkan. Dalam 100 gram bunga itu terdapat 70 persen karbohidrat, 14 persen protein, 3 persen lemak, mineral seperti kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, vitamin b1, b2, b6, vitamin c dan betakaroten. Oleh sebab itu pemakaiannya sebagai sayur untuk pelengkap lauk pauk makanan penduduk sangat dianjurkan. Bunga turi secara turun temurun dipercaya bisa membantu memperlancar keluarnya air susu ibu, juga untuk mengatasi gangguan sulit buang air besar. Khasiat lain berhubungan dengan kecantikan yaitu sebagai pelembut kulit.

Kembang turi

Pecel yang menggunakan kembang turi ini relatif tidak banyak memiliki perbedaan rasa dari jenis pecel-pecel yang lain. Pada saat belum diracik, pembeli dapat melihat tumpukan kembang turi yang sudah dilayukan dengan disiram air panas, yang terlihat berbeda dari sayuran yang sudah umum lainnya sebagai menu pengisi pecel. Tekstur helaian kelopak kembang turi yang relatif lebih keras dibandingkan sayuran lain yang dicampurkan seperti bayam, maka akan menyebabkan terasa berbeda yakni terasa lebih kenyal dan alot. Namun yang terpenting adalah khasiat kembang turi ini cukup baik karena dipercaya dapat membantu peningkatan daya tahan tubuh.

 Pecel kembang turi

Pecel yang menggunakan kembang turi ini banyak dijumpai di daerah Imogiri, Bantul. Pengunjung dapat membeli menu kuliner ini saat berkunjung ke pemakaman Imogiri, pasar Imogiri atau berwisata di gua-gua alami di sekitar Imogiri. Kalau pembeli memesan pecel di warung maka biasa disajikan dalam piring, namun kalau membeli pada penjual keliling, pecel sering disajikan dengan menggunakan pincuk dari daun pohon pisang.


Selain pecel-pecel yang saya sebutkan di atas, sebenarnya masih ada jenis pecel lain seperti pecel Madiun / pecel Ponorogo. Untuk pecel ini yang khas adalah bumbu kacang yang digunakan cukup kental dan disiramkan dalam jumlah banyak, sehingga rasa pecel akan terasa mantap. Pada pecel juga terasa ada aroma jeruk karena biasanya ditambahkan irisan daun jeruk pada bumbu yang digunakan.

Selain pecel sayuran, pada beberapa daerah sering juga dikenal pecel lele. Makanan ini sebenarnya merupakan ikan lele goreng yang disajikan dengan disiram bumbu kuah macam pecel.

Sekian dulu, penulis jadi merasa lapar karena menulis soal makanan yang bikin air liur mengalir ini. Buat pembaca yang ingin mencoba kuliner tadi dapat langsung menuju ke lokasi yang saya tunjukkan di atas. Jika merasa kurang yakin tentu saja cari informasi dulu arah ke lokasi yang diinginkan, atau kalau tetap ingin yakin supaya tidak tidak nyasar, boleh juga mengajak penulis sebagai guide lokal. Jangan khawatir, porsi makan penulis itu tidak banyak kok…..

 

 

Iqmal Tahir

41 Responses to “Nikmatnya Aneka Pecel Khas Jateng-DIY”

  1. arion 07 Apr 2010 at 6:29 pm

    Pak Iqmal nyoba nulis kuliner sayur ya… wah sbetulnya kuliner yang serba kambing wae lbih cocok.. wong kalo makan sayur aja milih2 hehe

  2. iqmalon 08 Apr 2010 at 9:04 am

    milih yang gratis… milih yang pedes….

  3. randyon 19 Apr 2010 at 9:25 pm

    paling enak ya tetep esgepece selokan….

  4. ladyluckon 23 Apr 2010 at 8:03 pm

    hi salam kenal !
    saya doyan banget makan pecel lele. Di Bandung banyak dijumpai cafe tenda pinggir jalan menu pecel lele. wouw…ada pecel lele kecombrang…??? hayuk atuh dicobaan …mmmmm yummy ! ntar kalo aku ke yogya anterin kesana ya mas …hehehhe..aturnuhun.

  5. iqmalon 27 Apr 2010 at 12:09 pm

    sama-sama…
    tapi jujur saja… saya sebenarnya gak suka lele nih… kalau ada yang lainnya (misal bakso, sate, soto, lotek, gule atau lainnya) ya pilih yang lainnya itu, hehe…

  6. scholarships for womenon 09 Dec 2010 at 9:38 pm

    Do you people have a facebook fan page? I looked for one on twitter but could not discover one, I would really like to become a fan!

  7. luhur blon 14 Oct 2011 at 8:03 pm

    Pengalaman saya makan pecel lele,,,,,nasi sayurnya pecel ikannya lele… Mak nyusss…

  8. Nia Muenzenbergeron 19 Jan 2012 at 4:23 am

    Very nice style and design and good subject matter, nothing else we need :D.

  9. iqmalon 03 Feb 2012 at 11:59 am

    thanks all…

  10. iqmalon 03 Feb 2012 at 12:00 pm

    mas Luhur,
    mantap tuh pecel lelenya…..jadi ikan pun jadi sayur ya, memang gak ada lalapannya nih….

  11. Tynisha Fallinon 05 Feb 2012 at 4:38 am

    Some really select posts on this website , saved to bookmarks .

  12. Rolf Magaddinoon 11 Feb 2012 at 3:11 am

    Very shortly this web page will be famous among all blog users, due to it’s fastidious posts

  13. Patriceon 11 Feb 2012 at 7:55 pm

    I really like your writing style, great info, appreciate it for posting :D. “The superfluous is very necessary.” by Francois Marie Arouet Voltaire.

  14. Rhetton 14 Feb 2012 at 6:14 am

    I truly appreciate this post. I’ve been looking everywhere for this! Thank goodness I found it on Bing. You have made my day! Thanks again!

  15. Townsendon 14 Feb 2012 at 9:33 am

    This page appears to get a good ammount of visitors. How do you advertise it? It offers a nice individual twist on things. I guess having something authentic or substantial to talk about is the most important thing.

  16. Koruson 14 Feb 2012 at 10:58 am

    Good web site! I really love how it is simple on my eyes and the data are well written. I’m wondering how I might be notified when a new post has been made. I have subscribed to your RSS which must do the trick! Have a great day! “A crime which is the crime of many none avenge.” by Lucan.

  17. Parcoon 14 Feb 2012 at 2:34 pm

    I became honored to receive a call coming from a friend as he observed the important points shared on your own site. Browsing your blog posting is a real excellent experience. Thanks again for considering readers like me, and I want for you the best of success being a professional realm.

  18. Tennenton 14 Feb 2012 at 9:38 pm

    I love the look of your website. I recently built mine and I was looking for some ideas for my site and you gave me a few. May I ask you whether you developed the website by youself?

  19. Giesemanon 14 Feb 2012 at 10:16 pm

    Very interesting details you have noted, thanks for putting up.

  20. Goffon 14 Feb 2012 at 10:23 pm

    Real excellent information can be found on web blog .

  21. Loise Tengwallon 15 Feb 2012 at 12:02 am

    This is my first time pay a quick visit at here and i am actually impressed to read everthing at single place.

  22. Ordazon 15 Feb 2012 at 4:39 am

    I really like your writing style, wonderful information, regards for putting up :D. “Silence is more musical than any song.” by Christina G. Rossetti.

  23. Randy Rabeckon 15 Feb 2012 at 5:14 am

    Precisely what I was looking for, thankyou for putting up. “Pardon one offense, and you encourage the commission of many.” by Publilius Syrus.

  24. Akshaye.Khannaon 15 Feb 2012 at 8:40 am

    I view something genuinely special in this web site.

  25. Shaneka Musheroon 15 Feb 2012 at 9:30 am

    I visit daily some websites and information sites to read posts, but this web site offers quality based articles.

  26. Ensteinon 15 Feb 2012 at 12:39 pm

    Great post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your blog posts. In any case I’ll be subscribing to your feed and I hope you write again soon!

  27. Hoeckon 15 Feb 2012 at 1:40 pm

    Very interesting points you have noted , thankyou for posting . “My work is a game, a very serious game.” by M. C. Escher.

  28. Isiah Satterwhiteon 15 Feb 2012 at 3:30 pm

    Very interesting points you have noted , thanks for posting .

  29. Lineon 15 Feb 2012 at 5:18 pm

    I dugg some of you post as I thought they were very useful invaluable

  30. Boydon 15 Feb 2012 at 8:23 pm

    I merely wanted to thank you yet again for the amazing site you have developed here. It is full of ideas for those who are truly interested in this kind of subject, specifically this very post. You’re really all amazingly sweet plus thoughtful of others plus reading your blog posts is a great delight with me. And that of a generous present! Tom and I will have enjoyment making use of your tips in what we have to do in the future. Our record is a distance long so your tips might be put to good use.

  31. Milo Rohrichon 15 Feb 2012 at 10:03 pm

    If you are concerned to learn Search engine optimization techniques then you must read this article, I am sure you will take much more from this paragraph regarding SEO.

  32. Stotesburyon 01 Mar 2012 at 3:11 pm

    I’ve been exploring for a bit for any high quality articles or blog posts on this kind of house . Exploring in Yahoo I at last stumbled upon this website. Studying this information So i am happy to show that I’ve an incredibly excellent uncanny feeling I came upon exactly what I needed. I most no doubt will make sure to don’t omit this website and provides it a look regularly.

  33. Batton 02 Mar 2012 at 5:22 pm

    great points altogether, you simply received a brand new reader. What would you recommend about your publish that you simply made some days in the past? Any certain?

  34. Belia Whittenburgon 15 Sep 2012 at 9:32 pm

    Thanks for sharing. Great info.

  35. Abramon 22 Oct 2012 at 3:53 pm

    We still can’t quite think that I could be one of those reading through the important points found on your website. My family and I are really thankful for your generosity and for giving me the chance to pursue the chosen career path. Appreciate your sharing the important information I acquired from your web site.

  36. Carolyne Fredieuon 20 Jun 2013 at 4:02 pm

    Dude.. I am not substantially into studying, but somehow I obtained to undergo lots of post content with your online web page. Its magnificent how attention-grabbing it seriously is for me to go to you pretty frequently.

  37. Instaon 04 Nov 2013 at 10:10 am

    Excellent way of describing, and nice paragraph to take facts on the topic of my presentation topic, which i am going to deliver in institution of higher education.

  38. Ammonon 12 Dec 2013 at 7:24 am

    Great article.Thanks Again. Really Cool.

  39. http://www.autogazrzeszow100.plon 05 Jan 2014 at 2:22 pm

    Excellent site you have got here.. It’s difficult to find high-quality writing like yours nowadays.
    I seriously appreciate individuals like you!

    Take care!!

  40. mens coach factory outlet onlineon 06 Jan 2014 at 8:15 pm

    Hello there! I simply wish to offer you a huge thumbs up for the great
    information you have here on this post. I will be coming back to your blog for more soon.

  41. Dianneon 01 Sep 2014 at 3:28 pm

    Great website. Lots of useful info here. I’m
    sending it to some friends ans also sharing in delicious.
    And naturally, thanks in your sweat!

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply