May 26 2010

Jangan Buang Sabun Tipismu

Published by iqmal at 10:05 am under Kehidupan nyata, Lingkungan Hidup

Setiap hari saya dan kita semua mesti dipastikan mandi untuk membersihkan tubuh dan yang rutin mestinya dua kali sehari. Saat mandi ini kita menggunakan sabun yang digunakan untuk membantu menghilangkan kotoran yang menempel di kulit. Saat ini banyak dijumpai produk sabun mandi padat dan sabun mandi cair yang banyak diperdagangkan dan dapat kita beli di banyak tempat. Ternyata soal sabun ini juga ada beberapa hal yang jadi masalah dan dapat menjadi pencemaran lingkungan. Kita perlu peduli untuk kepentingan lingkungan dan jika mungkin menguntungkan kita dalam hal penghematan.

Sabun tipis jangan dibuang.

Kalau anda menggunakan sabun mandi yang padat, mestinya sering menjumpai masalah seperti yang sering saya temui juga. Setiap kali sabun mandi digunakan, lama kelamaan akan menipis dan pada suatu waktu akan susah untuk digunakan sewaktu digosokkan ke tubuh. Hal ini dapat terjadi karena sabun sudah semakin tipis sehingga sukar untuk dipegang dan digosokkan ke tubuh. Kalau sudah seperti ini tindakan apa yang anda lakukan ?

Mungkin kalau anda berpikir praktis, tentu saja sabun ini dapat dibuang saja ke tempat sampah. Toh sabunnya sudah tipis dan kecil. Habis itu sudah dan tidak menjadi masalah. Tetapi kalau anda peduli lingkungan dan juga dapat sedikit berhemat maka ada langkah yang dapat anda lakukan.

Cara pertama adalah dengan memanfaatkan sabun tipis itu untuk digunakan di toilet dan biasa digunakan untuk membasuh tangan setelah membilas. Hal ini juga dapat digunakan di tempat mencuci piring, untuk mencuci tangan setelah kegiatan mencuci piring atau memang saat mencuci tangan setelah berbagai kegiatan lain.

Cara kedua itu bisa dipraktekkan kalau anda biasa menggunakan sabun padat dari jenis yang sama terus menerus, maka sabun yang sudah tipis ini dapat ditempelkan ke sabun yang baru. Caranya kedua sabun dibasahi terlebih dahulu atau pada saat mandi membasuh dengan sabun maka saat kedua sabun telah basah dapat ditempelkan. Tepi sabun yang sudah tipis dapat ditekan untuk membuat lebih menempel. Setelah ini sabun dapat digunakan tanpa ada bedanya. Sebenarnya kalau sabunnya berbeda warna dan jenisnya tidak sama sih tidak masalah, cuma terus warnanya yang jadi belang.

Cara berhemat dengan sabun padat yang lain, saya temukan dari blog ini. Tujuannya sama sebenarnya dengan langkah di atas, yakni dengan memanfaatkan sisa sabun yang telah tipis dan ditempelkan dengan sabun yang baru. Cuma caranya yang berbeda, yakni sabun baru dibelah terlebih dahulu dan kemudian sabun yang tipis diletakkan di tengahnya. Setelah itu kedua belahan sabun ditempelkan kembali.

Sabun tipis dari oralalikaroaku.blogspot

Kalau anda menggunakan sabun cair maka penghematannya adalah dapat dilakukan dengan memilih kemasan besar dan jenis produk yang dapat diisi ulang. Jika bahan dalam wadah sudah menipis maka ke dalam wadah dapat diisi kembali dengan bahan isi ulang tersebut. Atau jika akan dibuang, saat sudah menipis, maka ke dalam botol dapat diisi dengan air dan dikocok sehingga sisa produk akan terencerkan. Air yang dimasukkan secukupnya saja sehingga nantinya sisa sabun encer dapat keluar dan masih dapat digunakan untuk terakhir kalinya.

Alternatif yang saya kemukakan di artikel ini sebenarnya sudah banyak orang melakukannya. Saya hanya mencoba menulis kembali untuk merangkum beberapa tindakan memanfaatkan sisa sabun mandi padat yang sudah menipis ini daripada dibuang begitu saja. Semoga bermanfaat.

 

Iqmal Tahir

4 Responses to “Jangan Buang Sabun Tipismu”

  1. […] sebelumnya sudah dibahas tentang penghematan sabun padat, maka tulisan yang ini membahas terkait tentang sabun cair dan produk rumah tangga lain yang […]

  2. manele liveon 11 Aug 2011 at 12:02 pm

    Easily, the post is actually the greatest on this deserving topic. I agree with your conclusions and will thirstily look forward to your coming updates.

  3. iqmalon 03 Feb 2012 at 1:27 pm

    thanks for your comment….

  4. Kermit Bellahon 05 Feb 2012 at 8:17 am

    I must express some appreciation to you for bailing me out of this scenario. Just after browsing through the search engines and obtaining advice which are not productive, I thought my entire life was gone. Living minus the strategies to the problems you have sorted out by means of your entire guide is a serious case, as well as ones that could have adversely damaged my entire career if I had not discovered your site. Your ability and kindness in playing with all areas was excellent. I am not sure what I would have done if I had not come across such a thing like this. It’s possible to now look ahead to my future. Thanks for your time very much for your expert and effective guide. I won’t be reluctant to refer your web page to anyone who would need tips about this matter.

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply