Mar 03 2009

Humor - Kisah tentang Alloy

Published by iqmal at 2:13 pm under Kampus

Alloy adalah suatu bahan yang diproses dengan jalan mencampur beberapa jenis logam menjadi bahan baru melalui proses peleburan pada suhu tinggi. Sifat dari alloy ini diharapkan dapat lebih unggul daripada sifat unsur logam munrinya. Sebagai contoh adalah besi (Fe) yang bersifat keras tetapi tidak stabil karena mudah berkarat. Kalau besi dicampur dengan 3 % karbon (C) maka akan diperoleh besi baja dengan kekerasan yang berlipat dari besi murninya.

Pengembangan alloy banya dipelajari dari ilmu metalurgi, dimana pada cabang ilmu ini dipelajari jenis dan sifat-sifat unsur logam, campurannya, proses termodinamika bahan logam dan lain-lain. Pada tulisan ini sebenarnya saya tidak bermaksud menulis artikel tentang alloy ini secara serius. Saya hanya mencoba menuliskan satu humor kecil yang digunakan saat pembelajaran unsur logam, khususnya tentang alloy ini.

Tabel periodik

Unsur kimia baik logam maupun non logam dapat saling dicampur dengan suatu unsur logam untuk membentuk alloy. Tujuan pencampuran ini seperti disebutkan di atas, adalah untuk mencari sifat bahan baru yang memiliki sifat lebih unggul. Ternyata secara teoritik di alam maya, ada tiga unsur kimia yang kalau dicampurkan akan menghasilkan alat yang multi fungsi. Alat ini bermanfaat bagi kehidupan manusia sehari-hari dan diperlukan bagi banyak orang. Diperlukan tiga unsur yakni potasium atau kalium (K), nikel (Ni) dan besi atau iron (Fe). Apabila dicampurkan dengan perbandingan mol 1 : 1 : 1 maka akan diperoleh material baru dengan rumus molekul KNiFe.

Tetapi tentu saja dalam kenyataannya tidak seperti itu, tidak ada alloy baru dengan rumus molekul KniFe tersebut. Ini hanya untuk intermezzo saja.

Jadi kalau sekarang dibalik ceritanya, adalah dengan pertanyaan “

 

 Bagaimana cara membuat pisau/knife ?

Macam-macam pisau

Kalau jawaban orang teknik :

Pisau dapat dibuat dari pemanasa pelat baja untuk kemudian dipipihkan dan dibuat menyerupai bilah pisau dan kemudian diberi gagang. Setelah diasah tajam maka akan dapat diperoleh sebilah pisau.

Kalau jawaban orang kimia :

Pisau dapat dibuat dari mencampurkan secara ekimolar antara tiga unsur kalium, nikel dan besi.

Hehe… ini guyon saja…. Jangan dihafalkan ya… tidak bakal masuk ujian.

 

Iqmal Tahir

8 Responses to “Humor - Kisah tentang Alloy”

  1. arifon 01 Feb 2011 at 9:14 am

    mau nanya nih, bagaimana cara melebur monel, pada suhu berapa monel dapat mencair? kimia apa saja yang digunakan? trims

  2. iqmalon 25 Feb 2011 at 12:08 pm

    tergantung monel itu campuran alloy dari logam apa saja sebagai penyusunnya ? komposisi monel berbeda maka titik leleh juga akan berbeda.

  3. jonion 04 May 2011 at 12:43 pm

    apakah monel bisa dilebur dengan dapur kupola? dan kalo terjadi keropos , pakai kawat apa ngelasnya?. tks

  4. iqmalon 03 Feb 2012 at 12:27 pm

    hehe… wah kok malah tidak tahu ya… haduh…. harap maklum ya….

  5. Brian Litkaon 05 Feb 2012 at 5:24 am

    I always was concerned in this subject and still am, thank you for putting up.

  6. Mallory Hardson 24 Jul 2012 at 10:39 pm

    I consider something truly interesting about your website so I bookmarked .

  7. Shanellon 26 Jul 2012 at 4:53 pm

    you are genuinely range a person admin your running a blog is astounding i often test your weblog i’m sure you will likely be the best

  8. Candiceon 23 Jul 2013 at 4:29 am

    Hi there, simply become aware of your blog thru Google, and located that it is truly informative. I am gonna be careful for brussels. I’ll be grateful should you proceed this in future. A lot of other people will probably be benefited out of your writing. Cheers!

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply