Jun 24 2010

Ada yang Mirip Pertandingan NBA di World Cup

Published by iqmal at 1:21 pm under Hobby

Mungkin sebagian pembaca sudah terbiasa melihat pertandingan bola basket NBA yang rutin diselenggarakan di Amerika Serikat tiap tahun. Olahraga yang sangat terkenal dengan banyak klub dan dapat memancing puluhan ribu penonton setia baik langsung di stadion maupun menonton di televisi. Pertandingan sangat menarik biasanya dihadiri pula oleh berbagai kalangan dan latar belakang penonton termasuk artis dan tokoh politik. Demikian juga penggemar-penggemar fanatik yang mendukung tim dengan sangat bersemangat, bersorak sorai, mengibarkan bendera tim, mengecat muka dengan simbol tim masing-masing. Di awal pertandingan juga berkumandang lagu kebangsaan Amerika Serikat “The Star Spangled Banner”. Pertandingannya sendiri akan berlangsung secara seru, kedua tim akan saling serang dan saling bertahan secara rapat mulai dari menit awal sampai menit akhir. Biasanya skor akhir akan ditentukan pada menit-menit akhir pertandingan karena serunya pertandingan. Banyak aksi-aksi heroik dan kadang juga terdapat momen yang dramatik dan menegangkan. Kontak fisik pun sering terjadi. Dalam hal ini memang ofisial pertandingan harus bersikap tegas untuk menjaga pertandingan tetap berlangsung baik dan lancar. Yang jelas dengan suguhan tontonan pertandingan seperti ini memang penonton dapat memperoleh hiburan yang berkelas dan tidak membosankan.

Ternyata tadi malam tanggal 23 Juni 2010 ini, di pentas berbeda ada suguhan yang mirip pertandingan basket NBA itu. Pentas yang satu ini terjadi pada pertandingan sepakbola yang dimainkan di luar negara Amerika Serikat. Aksi-aksi yang mirip, berbagai kejadian yang sungguh mirip, serta rangkaian klimaks yang juga mirip dengan pertandingan basket di NBA benar-benar terjadi. Pertandingan ketiga pada babak penyisihan grup C antara Amerika Serikat dan Aljazair inilah yang saya katakan mirip itu.

Timnas sepak bola AS

Bagaimana tidak mirip ? Cobalah sendiri amati detail dari pertandingan itu…

Kalau kita ingat pertandingan final NBA kembali, yang menyajikan final antara LA Lakers dan Boston Celtics. Pertandingan dibuka salah satunya dengan acara menyanyikan lagu kebangsaan Amerika Serikat tersebut yang dinyanyikan oleh Christina Aguilera pada game ke-6. Pada pertandingan semalam karena melibatkan tim nasional Amerika Serikat sendiri, maka lagu kebangsaan tersebut juga otomatis harus dinyanyikan di awal pertandingan. Satu kemiripan.

Penonton bola basket sering berasal dari tokoh atau artis terkenal. Pada pertandingan final kemarin pun, berbagai artis dan tokok politik Amerika hadir dan turut mendukung tim basket favoritnya. Kalau di ajang sepakbola World Cup kemarin, tidak tanggung-tanggung, yang hadir mendukung tim AS salah satunya adalah mantan Presiden AS, Bill Clinton. Bolehlah dibilang satu kemiripan.

Bill Clinton ikut mendukung tim AS

Pertandingan bola basket biasa berlangsung sengit dengan alur serangan secara bergantian oleh kedua tim. Hal ini ternyata dimainkan serupa pada pertandingan sepakbola semalam. Kedua tim memperagakan pertandingan berlangsung secara terbuka dan hal ini membuat sangat berbeda dengan beberapa pertandingan sebelumnya yang terkesan sangat berhati-hati sehingga cenderung membosankan. Mungkin saja karena kedua tim berada dalam posisi sementara di urutan 3 dan 4 tetapi masih memiliki peluang lolos jika memenangkan pertandingan. Dari situasi ini menyebabkan pelatih masing-masing tim menyiapkan para pemainnya untuk bermain terbuka. Permainan ini sangat menghibur penonton dengan banyaknya peluang yang terjadi silih berganti di arena pertahanan lawan secara bergantian. Jadi sangat mirip dengan pertandingan basket yang saling serang tidak berkesudahan.

Tembakan dua angka dan tembakan tiga angka juga banyak diperagakan. Kalau di pertandingan basket, tembakan dua angka itu dilakukan oleh pemain dari dalam daerah penalti sedangkan tembakan tiga angka dilakukan di luar daerah tersebut. Dalam pertandingan sepakbola semalam, ternyata juga banyak variasi serangan berupa tendangan yang dilakukan dari dalam kotak penalti dan dari luar kotak penalti. Hanya saja kalau terjadi gol, maka tendangan jarak jauh dari luar kotak penaliti ini di sepak bolah tidak bernilai lebih, tetap dianggap satu gol. Pada musim turnamen piala dunia kali ini, dilakukan dengan menggunakan bola berteknologi baru. Bola buatan Adidas yang dinamakan Jabulani ini ternyata menghasilkan efek baru saat ditendang. Berdasarkan pengalaman aksi tendangan striker AS Clint Dimpsey ke gawang Inggris yang berbuah gol melalui tendangan dari luar kotak penalti, maka hal ini diulang kembali. Selain striker AS, ternyata banyak juga aksi tendangan jarak jauh oleh gelandang Aljazair seperti tendangan oleh Karim Matmour. Mirip basket juga kan ?

Selain aksi serangan yang menarik, pada pertandingan bola basket sering ada aksi defence yang rapi dan dapat mencuri perhatian. Ternyata pada pertandingan semalam aksi defence juga sering diperagakan baik oleh barisan pertahanan maupun oleh sang penjaga gawang. Nilai plus boleh diberikan kepada penjaga gawang Aljazair, Rais M’Bolhi, yang harus jatuh bangun mempertahankan agar gawangnya tidak kebobolan. Walaupun akhirnya di menit-menit akhir ternyata dapat tertembus juga melalui serangan yang cukup sporadis. Bisa jadi kalau ada Man of The Match dari pihak tim yang kalah, maka sang penjaga gawang inilah yang terpilih. Satu hal yang tidak boleh dilupakan dari pertandingan semalam adalah aksi dari sang mistar gawang. Tercatat ada beberapa aksi penyelamatan oleh mistar gawang ini. Mirip juga kan aksi defence yang terjadi di arena basket.

Aksi penjaga gawan Aljazair

Kontak fisik antar pemain pada pertandingan bola basket hampir dapat dipastikan sering terjadi. Bahkan sering kali menyebabkan cidera atau sampai luka berdarah. Hal ini dapat dipahami karena permainan berlangsung cukup seru untuk memperebutkan bola atau untuk menghalangi terjadinya kesempatan serangan. Dalam pertandingan sepak bola AS dan Aljasair juga terjadi kontak fisik bahkan sampai luka berdarah seperti yang dialami striker AS, Dempsey. Untungnya semua dapat dikendalikan oleh ofisial pertandingan dengan baik. Kejadian kontak fisik yang terjadi dapat dikatakan mirip dengan kontak yang mungkin terjadi di pertandingan bola basket.

Setiap pertandingan, selalu ada pemain yang cenderung melakukan pelanggaran. Sanksi atas pelanggaran ini bisa ringan maupun harus dikenakan sanksi kartu. Baik di pertandingan basket maupun pertandingan sepakbola semalam, tercatat ada beberapa kali kejadian pelanggaran. Khusus untuk pertandingan sepakbola ini bahkan sampai dikeluarkan beberapa kali kartu kuning dan satu kartu merah. Boleh lah disebut mirip sedikit.

Pertandingan yang berlangsung dengan sistem the best of seven itu memang akhirnya berlangsung sampai tujuh game sampai akhirnya diketahui pemenangnya adalah LA Lakers. Untuk pertandingan sepakbola ini, tim AS baru dapat memperoleh keunggulan pada menit-menit akhir pertandingan, saat memasuki waktu injury time. Untuk diketahui kalau pertandingan bola basket, banyak sekali pertandingan yang ditentukan oleh skor krusial yang diperoleh pada menit bahkan detik-detik akhir pertandingan. Kemiripan yang lain.

Perayaan gol Landon Donovan

Dalam pertandingan basket kadang dipilih pemain MVP, yang sering berupa penghasil skor terbanyak, demikian juga kalau di sepakbola dalam satu pertandingan akan dipilih Man of The Match, dan yang sering adalah si pencetak gol (walaupun tidak selalu). Untuk pertandingan tadi malam, terpilih sebagai Man of The Match adalah Landon Donovan yang memang merupakan sang pencetak gol tunggal. Tidak salah kalau dibilang mirip juga.

Pada setiap pertandingan basket terdengar musik yang digunakan untuk menandai batas waktu penguasaan bola. Kalau di pertandingan sepak bola yang dilangsungkan di Afrika Selatan, yang terdengar hanya bunyi terompet vuvuzela yang sebenarnya tidak berirama, malah lebih mirip dengungan lebah saja. Suara terompet ini hanya untuk memperdengarkan suara pendukung pada suatu tim. Yah boleh disebut mirip walaupun beda tujuannya.

Omong-omong sosok penjaga gawang Aljazair ini menurut saya mirip dengan Michael Jordan. Atau kalau menurut anda tidak mirip MJ, kira-kira mirip pemain basket siapa ya ? Mirip Charles Barkley ?

Kalau yang benar-benar tertinggal sebenarnya adalah pada pertandingan sepakbola tidak ada cheerleader dan aksi soraknya. Dalam pertandingan basket, aksi ini selalu tampil di setiap pertandingan yang dilakukan oleh tim cheerleader tuan rumah..

Kalau memang mau dianalisis kemiripan ini lebih lanjut, boleh saja pembaca meminta bantuan pengamat, baik yang mirip atau tidak mirip, dengan pengamat telematika yang sekaligus menjadi anggota dpr. Yang jelas jangan langsung minta beliau menganalisis langsung, mending nyari pengamat lain yang mirip-mirip sedikit.

 

Iqmal Tahir

Catatan :

Tulisan ini dibuat karena terinspirasi saat melihat dan membaca banyak sekali kata ”mirip” yang tertuang di berbagai tulisan akhir-akhir ini.

Catatan lain :

Setelah saya hitung, ternyata jumlah kata mirip yang ada di tulisan ini ada sebanyak 36 kali. Tolong pembaca menghitung ulang, kalau hasilnya mirip dengan hitungan saya berarti kita memang memiliki kemiripan yang relatif mirip.

Catatan terakhir :

Mudah-mudahan tidak ada penulis yang membuat tulisan mirip dengan tulisan saya ini. Tulisan yang sangat-sangat mirip karena hasil copy-paste teks ini, saya posting juga di blog pribadi di sini. Bisa dicek lagi kemiripannya. Kemungkinan yang tidak mirip adalah kecepatan akses buka halamannya…..

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply