Jul 11 2010

Jalur Lambat yang Lebih Cepat

Published by iqmal at 4:28 pm under Etik sosial

Memasuki musim liburan di Yogyakarta sepertinya situasi berulang terus untuk waktu-waktu bulan Juli atau akhir bulan Desember. Jalanan yang biasanya ramai dengan hilir mudik kendaraan akan berubah menjadi sangat ramai dan macet di banyak tempat. Infrastruktur jalan ringroad atau jalan lingkar Yogyakarta yang tadinya diharapkan sebagai sarana alternatif kemacetan di dalam kota, pun akhirnya juga tidak lepas dari kemacetan. Waktu ini merupakan peak season karena bersamaan dengan libur sekolah di seluruh wilayah Indonesia, serta ditambah dengan Yogyakarta sedang menjadi tuan rumah Muktamar Satu Abad Muhammadiyah.

Pilihan untuk bepergian menjadi harus dipikir ulang, apalagi kalau harus menembus kota dimana banyak terjadi kemacetan di berbagai titik, seperti di Malioboro, alun-alun atau yang lainnya. Hampir di semua simpang yang ada traffic light akan menyebabkan antrean kendaraan memanjang ke belakang. Kalau bepergian ke luar kota maka pilihan lewat Ringroad mungkin menjadi pilihan terbaik. Ternyata di jalur ini, setiap simpang traffic light pun mengalami kondisi yang sama. Setiap perempatan di sepanjang ring road selalu berderet kendaraan karena tertahan lampu merah.

Kalau sudah terjadi situasi seperti ini maka jalur cepat yang diperuntukkan kendaraan roda empat atau lebih, selalu penuh. Jalur cepat yang terdiri dari dua lajur untuk setiap arah maka akan terisi rapat. Bahkan untuk areal mendekati perempatan maka jalur kendaran roda empat ini akan melebar menjadi tiga atau bahkan empat lajur kendaraan yang berjajar rapat. Pada daerah simpang seperti ini maka akan penuh dengan mobil, truk, bus dan bercampur dengan sepeda motor, yang berlomba untuk meraih posisi terdepan, sehingga dapat segera keluar dari traffic light tersebut.

Di setiap ringroad di Yogyakarta, setiap arah terdiri dari dua jalur cepat dan satu jalur lambat dan begitu pula arah yang berlawanan. Jalur lambat diperuntukkan bagi sepeda motor dan sepeda, serta jalur angkutan umum untuk menaikturunkan penumpang. Lebar ruas jalur lambat ini relatif sempit dibandingkan dengan jalur cepat. Oleh karena itu mestinya waktu yang diperlukan untuk menempuh satu jarak tertentu misal antar simpangan, akan lebih lama jika menggunakan jalur lambat daripada jalur cepat.

Namun hal ini tidak berlaku saat kondisi macet seperti pada saat musim liburan ini. Jika anda mengendarai kendaraan roda empat atau lebih, jauh lebih cepat jika menggunakan jalur lambat. Hal ini dapat terjadi karena antrian di jalur cepat akan memanjang ke belakang, sementara antrean di jalur lambat lebih lancar. Sepeda motor dapat menyelusup di sela-sela kendaraan besar, sementara kendaraan di tepi kiri juga relatif kosong karena sebagian dapat berjalan terus untuk berbelok ke arah kiri tanpa harus menunggu lampu hijau. Untuk pengendara lokal yang sudah tahu kondisi ini maka sering di pertengahan jalan segera masuk ke jalur lambat mengikuti bukaan marka yang tersedia sebelum menemui kemacetan di dekat ujung perempatan. Kalau sudah terjadi kebiasaan seperti ini, saya yakin ke depan akan banyak pengguna jalan yang meniru langkah ini, maka tentunya akan sama saja dengan terjadi kemacetan di jalur lambat juga.

Kondisi yang sama juga terjadi untuk jalur lambat di jalan Solo km 13 di daerah Bogem Prambanan. Saat jalan tersebut ramai dengan pengguna, maka jauh lebih cepat kalau anda menggunakan jalur lambat yang berada di sisi kiri. Kalau anda bepergian khususnya yang dari arah Yogyakarta, maka jika jalan terlihat ramai, pertimbangkan untuk menggunakan jalur lambat saja. Niscaya anda akan terbebas dari traffic light di lokasi tersebut dengan lebih cepat.

Jadi siapa bilang, jalur lambat itu tidak dapat mempercepat perjalanan ???

 

Iqmal Tahir

3 Responses to “Jalur Lambat yang Lebih Cepat”

  1. Wyatt Shiffletteon 05 Feb 2012 at 3:44 am

    Very nice design and style and superb written content, absolutely nothing else we need :D.

  2. larry goldon 05 Jun 2012 at 1:37 pm

    Many thanks for an unbelievable article and an all-around entertaining webpage!

  3. kota wisataon 28 Aug 2014 at 8:55 am

    I am sure this piece of writing has touched all the internet visitors, its really really nice post on building up new weblog.

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply