Feb 14 2008

Arti penting Kalibrasi Instrumentasi

Published by iqmal at 11:08 am under Manajemen Laboratorium

Salah satu proses yang dilakukan terkait dengan pekerjaan dan riset dalam bidang kimia adalah pengukuran analitik.Tujuan pengukuran kimia pada prinsipnya adalah untuk mencari “nilai sebenarnya” dari suatu parameter kuantitas kimiawi. Nilai sebenarnya adalah nilai yang mengkarakterisasi suatu kuantitas secara benar dan didefinisikan pada kondisi tertentu yang eksis pada saat kuantitas tersebut diukur, beberapa contoh parameter yang dapat ditentukan secara analitik adalah konsentrasi, pH, temperatur, titik didih, kecepatan reaksi, dan lain lain. Pengukuran parameter-parameter ini sangat penting, karena data yang diperoleh nantinya tidak hanya sebagai ukuran angka-angka biasa namun juga baik kualitatif maupun kuantitatif dengan dapat menunjukkan nilai besaran yang sebenarnya.

Sebagaimana biasa dalam pengamatan eksperimen secara umum, hasil yang diperoleh pasti tidak dapat terlepas dari faktor kesalahan. Nilai parameter sebenarnya yang akan ditentukan dari suatu perhitungan analitik tersebut adalah ukuran ideal. Nilai tersebut ini hanya bisa diperoleh jika semua penyebab kesalahan pengukuran dihilangkan dan jumlah populasi tidak terbatas. Faktor penyebab kesalahan ini dapat disebabkan oleh berbagai hal antara lain adalah faktor bahan kimia, peralatan, pemakai, dan kondisi pengukuran dan lain-lain. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengurangi kesalahan dalam pengukuran analitik ini adalah dengan proses kalibrasi.

Pembaca dapat membaca tentang permasalahan kesalahan pengukuran akibat faktor alat dan penanganannya pada tulisan berikut. Terkait dengan pelaksanaan aktivitas laboratorium kimia, adalah sering dijumpai penggunaan pHmeter dan spektrofotometer UV-Vis, maka diuraikan juga peranan kalibrasi pada kedua alat tersebut. Selanjutnya diharapkan pengguna peralatan tersebut dapat memahami permasalahan tersebut dan dapat mengimplementasikannya untuk penggunaan di laboratorium.

Download artikel : Arti penting kalibrasi (pdf.)

 

Iqmal Tahir

3 Responses to “Arti penting Kalibrasi Instrumentasi”

  1. Padmawati Mangkuwisastraon 09 Oct 2008 at 2:53 am

    Bolehkah saya mohon prosedur cara menentukan kadar sukrosa menggunakan spektrofotometer uv-vis. Saya sampaikan terima kasih atas bantuannya.

  2. iqmalon 20 Nov 2008 at 3:32 pm

    Kadar sukrosa dapat ditentukan dengan jalan polarimeter menggunakan identifikasi sudut putar. Kalau dalam industri gula, penentuan kadar sukrosa secara cepat dapat dilakukan dengan menggunakan cara yang sama hanya dalam satuan brix.
    Penentuan dengan cara spektrofotometer UV malah jarang dilakukan. Yang penting prinsipnya larutan harus bisa menyerap radiasi pada daerah uv/visible tersebut. Berarti gula harus dikomplekskan dulu atau dibuat menjadi larutan yang menyerap radiasi. Tetapi nantinya termasuk yang analisis yang merusak sampel (destructive analysis).

  3. Rudy Crowstonon 05 Feb 2012 at 8:38 am

    We would like to thank you all over again for the beautiful ideas you offered Jesse when preparing her own post-graduate research plus, most importantly, regarding providing many of the ideas in one blog post. In case we had known of your web-site a year ago, we’d have been kept from the nonessential measures we were taking. Thank you very much.

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply